Terima Caleg Depresi, RSUD Kanjuruhan Siapkan Poli Rawat Jalan

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

15 Februari 2024 11:00 15 Feb 2024 11:00

Thumbnail Terima Caleg Depresi, RSUD Kanjuruhan Siapkan Poli Rawat Jalan Watermark Ketik
Plt Direktur RSUD Kanjuruhan, dr Bobi Prabowo, Sp.EM, KEC, M.Biomed. (Foto: Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – RSUD Kanjuruhan di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, siap memberikan pengobatan kejiwaan bagi Caleg yang mengalami depresi karena kalah pada Pemilu 2024. Pengobatan pasie depresi jadi salah satu layanan yang diberikan oleh RSUD milik Pemkab Malang ini.

Plt Direktur RSUD Kanjuruhan, dr Bobi Prabowo, Sp.EM, KEC, M.Biomed mengatakan, pengobatan bagi caleg depresi yang gagal pada Pemilu 2024 baru sebatas rawat jalan bukan rawat inap.

"Menyediakan (Pengobatan bagi Caleg Depresi) tapi, masih sebatas poli rawat jalan pasien depresi mas. Untuk rawat inap belum disediakan," ujar dr Bobby kepada media online nasional Ketik.co.id, Rabu, (15/2/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, RSUD Kanjuruhan juga memiliki Poli Jiwa untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat maupun pasien. "Karena ada dokter spesialis Jiwa," sebutnya.

Pelayanan perawatan Rawat Jalan tersebut kata ia, diperuntukkan bagi para Caleg yang gagal terpilih, namun yang masuk dalam kategori ringan dan sedang.

"Kami belum menyiapkan ruangan itu, tapi kalau gangguan jiwa berat kami rujuk ke Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat atau biasa disebut RSJ Lawang," tegasnya.

Kata Bobi, pemberian layanan rawat jalan tersebut lantaran RSUD Kanjuruhan memiliki dokter spesialis jiwa yang bisa melayani rawat jalan di poli Jiwa.

"Jadi pelayanan yang disiapkan masih perawatan Rawat Jalan di poli jiwa, dengan harapan bisa membantu terapi para caleg yang gagal apabila mengalami depresi," ungkapnya.

Sedangkan untuk Caleg gagal terpilih yang sifatnya gawat darurat bisa dilakukan penanganan. "Ya itu kegawatdaruratan psikiatri (Seperti bunuh diri)," ucapnya.

Akan tetapi, dirinya berharap tidak ada calon legislator yang mengalami depresi akibat gagal terpilih dalam pemilu 2024 ini, karena diyakini mereka sudah siap menghadapi persoalan itu. 

"Hingga saat ini belum ada (Caleg yang gagal pada Pemilu 2024 memanfaatkan layanan rawat jalan di Poli Jiwa RSUD Kanjuruhan)," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Caleg depresi RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang Pemkab Malang pemilu2024