Harlah ke-90, Ribuan Banser GP Ansor Kabupaten Malang Ikuti Apel Akbar

Jurnalis: Gumilang
Editor: M. Rifat

26 Mei 2024 23:34 26 Mei 2024 23:34

Thumbnail Harlah ke-90, Ribuan Banser GP Ansor Kabupaten Malang Ikuti Apel Akbar Watermark Ketik
Ribuan Banser GP Ansor Kabupaten Malang ketika mengikuti Apel Akbar di Pantai Balekambang. (Foto : GP Ansor Kabupaten Malang)

KETIK, MALANG – Ribuan Anggota Banser mengikuti Apel Akbar di Pantai Balekambang, Kabupaten Malang, Minggu (26/5/2024).

Mereka hadir dalam rangka peringatan Harlah ke 90 yang digelar PC GP Ansor Kabupaten Malang.

Sebelum mengikuti apel bersama, ribuan anggota Banser GP Ansor Kabupaten Malang secara simbolis melakukan tanam pohon bersama di kawasan pantai. Bersamaan dengan penanaman bibit pohon ini, juga dilakukan serentak bersih-bersih pantai dari sampah pengunjung. 

Beratribut khas seragam doreng hijau kuning, ribuan anggota Banser GP Ansor Kabupaten Malang ini sudah berdatangan di Pantai Balekambang sejak Sabtu (25/5/2024) malam. 

Mengantisipasi membludaknya peserta Apel 10 Ribu Banser tersebut, disiagakan setidaknya 4 tenda besar dari BPBD Kabupaten Malang yang juga mensiagakan personelnya untuk dapur umum bagi peserta.

Apel 10 Ribu Banser GP Ansor Kabupaten Malang ini dilangsungkan pukul 12.00 WIB. Pada kesempatan itu, hadir pula Pj Sekda Kabupaten Malang Nurman Ramdansyah yang mewakili Bupati Malang Sanusi.

Turut hadir, Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili. Peserta Apel Banser juga melakukan formasi barisan dan senam komando, disertai yel-yel dan nyanyian.

Apel kesiagaan dan atraksi mereka disaksikan langsung Waka Satkornas Banser, Irsyad Yusuf. Kegiatan itu mengambil tema "Apel Panji Kemenangan Indonesia".

"NU dan Ansor adalah gerakan washatiyah, moderat tidak terlalu ekstrem kanan dan kiri. Banser Ansor tidak memukul, tetapi merangkul. Siap satu barisan," ucap Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili saat sambutan.

Di tempat sama, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Malang, Fatkhurrozi mengungkapkan, dengan digelarnya peringatan Harlah ke 90 GP Ansor di Pantai Balekambang ini, diharapkan agar Ansor juga berkontribusi dan mendatangkan manfaat bagi Kabupaten Malang.

Dampak positif kegiatan Harlah GP Ansor di Pantai Balekambang ini, lanjutnya, bisa menarik pengunjung ke wisata pantai ini. Terlebih, kegiatannya digelar dua hari, dan diramaikan Festival Bantengan di hari sebelumnya.

"Dengan kegiatan ini, kami ingin menunjukkan bahwa GP Ansor juga bisa diterima di semua kalangan masyarakat. Kenapa digelar di Balekambang ini, tentu harapannya juga ada dampak manfaatnya, ikut mengangkat promosi pariwisata di pantai ini," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Apel Banser peringatan Harlah ke-90 GP Ansor ini, juga dilakukan seremoni penandatanganan kerja sama bidang Kemandirian Ekonomi, antara GP Ansor Kabupaten Malang dengan pihak PD Jasa Yasa dan PT Syngenta. (*)

Tombol Google News

Tags:

GP Ansor Kabupaten Malang Harlah Kabupaten Malang Banser Pantai Balekambang