Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar, Bahlil Lahadalia Kandidat Penggantinya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

11 Agustus 2024 08:52 11 Agt 2024 08:52

Thumbnail Airlangga Hartarto Mundur dari Ketum Golkar, Bahlil Lahadalia Kandidat Penggantinya Watermark Ketik
Bahlil Lahadalia dan Airlangga Hartarto. (Foto: Kementerian Investasi/BKPM/Kolase Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Airlangga Hartarto menyatakan diri mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024). Kabar pengunduran dirinya tersebut didapatkan dari rekaman video yang berdurasi 3 menit itu.

Alasan kemunduran Airlangga dari puncak pimpinan Partai Golkar adalah demi menjaga keutuhan partai berlambang pohon beringin tersebut. Selain itu, untuk menjaga stabilitas transisi pemerintahan dalam waktu dekat.

"Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim dan atas petunjuk Tuhan yang maha besar, maka dengan ini menyatakan pengunduran diri sebagai ketua umum DPP Partai Golkar," ujar Airlangga dalam video tersebut.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Joko Widodo Presiden, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, serta Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil Pemilu 2024.

Tak lupa juga dirinya berterima kasih kepada para petinggi dan senior Partai Golkar, di antaranya Jusuf Kalla, Abu Rizal Bakrie, Luhut Binsar Pandjaitan, dan Agung Laksono.

"Kepada Bapak Jusuf Kalla dan Abu Rizal Bakrie, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan, Bapak Akbar Tanjung, Bapak Agung Laksono, serta Bapak M. Hatta, saya juga menguncapkan beribu terima kasih atas kerja samanya," tambahnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu menyatakan pengunduran dirinya terhitung sejak Sabtu, 10 Agustus 2024. Partai Golkar akan memilih ketua umum yang baru berdasarkan mekanisme organisasi sesuai ketentuan AD/ART. 

"Semua proses ini akan dilakukan dengan damai, tertib, dan dengan menjunjung tinggi marwah Partai Golkar." Paparnya.

Sementara itu Politikus Partai Golkar Andi Sinulingga menuturkan sebagai pengganti Ketua Umum sementara Agus Gumiwang Kartasasmita akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Golkar untuk menggantikan posisi Airlangga.

Bahkan, Andi membocorkan bahwa Bahlil Lahadalia, menteri Investasi/kepala Badan Koordinasi Penanan Modal akan menjadi Ketua Umum Partai Golkar definitif. Keputusan itu, kata Andi, akan dilakukan dalam forum Munas Golkar yang akan digelar pada bulan Agustus 2024.

"Plt-nya Agus Gumiwang. Nanti Munas secepatnya, nanti Bahlil ketua umum," pungkas Andi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Airlangga Hartanto Ketua Umum Partai Golkar pengunduran diri Munas Golkar Stabilitas Partai Transisi Pemerintahan