Promosikan Kekayaan Budaya Lokal, Pemkot Surabaya Gelar Pesona Batik Surabaya 2024

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 September 2024 10:42 21 Sep 2024 10:42

Thumbnail Promosikan Kekayaan Budaya Lokal, Pemkot Surabaya Gelar Pesona Batik Surabaya 2024 Watermark Ketik
Beragam motif batik Surabaya yang akan dipamerkan di Pesona Batik Surabaya 2024. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

KETIK, SURABAYA – Sebagai upaya memperkenalkan kekayaan budaya di Kota Surabaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) menyelenggarakan event Pesona Batik Surabaya 2024, bertempat di Kawasan Kota Lama pada Sabtu 21 September 2024 pada pukul 19.00 WIB.

Seperti diketahui, batik merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Oleh sebab itu sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk mempromosikan batik agar tetap terjaga kelestariannya.

Kepala Dinkopdag Surabaya, Dewi Soeriyawati mengatakan pada kesempatan kali ini sesuai dengan namanya Pesona Batik Surabaya 2024, acara akan memamerkan beragam motif dan kreasi batik khas Kota Surabaya.

"Kegiatan utama dalam Pesona Batik Surabaya 2024 adalah Lomba Fashion Show oleh unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan menggunakan motif Batik Surabaya," jelas Dewi, Sabtu 21 September 2024.

Selain fashion show acara ini juga menyuguh beragam penampilan menarik seperti live music, tarian, Parade Pembatik dan Desainer dari Indonesia Fashion Chamber (IFC) Surabaya, lomba suporter terheboh.

Terdapat sekitar 6 motif batik Surabaya yang akan dilombakan dalam gelaran fashion show. Motif batik tersebut adalah Skena Surabaya, Pesona Mangrove Wonorejo, Banyu Semarak, Tjap Toendjoengan, Gereget Rel Pasar Turi, dan Suroboyoan.

"Tujuannya adalah untuk mempromosikan keindahan, serta motif batik yang baru,” tambahnya.

Dengan digelarnya fashion show batik khas Surabaya ini diharapkan dapat berdampak pada perkembangan industri kreatif sehingga bisa berdampak positif pada perekonomian lokal.

Di samping itu Pemkot Surabaya pun akan semakin menggencarkan pengenalan Batik Surabaya yang baru kepada masyarakat. Upaya tersebut, menyasar bidang pendidikan dan pelatihan. 

"Kami juga melakukan pemasaran secara online dan offline sehingga produk batik bisa di akses lebih luas," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pesona Batik Surabaya Unesco Kekayaan budaya lokal Pemkot Surabaya industri kreatif Batik Surabaya