6 Tips agar Baterai Ponsel Awet

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

22 Mei 2023 21:05 22 Mei 2023 21:05

Thumbnail 6 Tips agar Baterai Ponsel Awet Watermark Ketik
Baterai membengkak akibat digunakan terus menerus. (Foto: Hindustani Times)

KETIK, SURABAYA – Telepon seleluer atau HP sudah menjadi kebutuhan utama di era serba digital. Sebab, manfaat yang didapat bisa digunakan untuk bekerja, berbelanja, belajar, sekolah maupun travelling.

Sebagai produk elektronik, ponsel juga memiliki sisi kelamahan. Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah baterai yang cepat panas.

Ada banyak penyebabnya. Misalnya bug pada aplikasi, sinyal seluler terlalu lemah, kualitas baterai turun, penggunaan yang melebihi batas waktu, dan pemakaian charger palsu. Nah,  untuk mengatasinya tidak terlalu sulit. Berikut cara mengatasinya.

Jangan Operasikan HP saat Diisi Ulang

Game online yang kini marak bisa memicu baterai menjadi boros. Misalnya, saat baterai sudah kosong, kemudian dicharger dan padasat  bersamaan digunakan main game. Kondisi ini bisa menyebabkan parasitic load.

Parasitic load atau pengisian daya parasitik ini buruk dilakukan, karena membuat kinerja baterai makin berat. Akibatnya sel di dalam baterai memengaruhi umur.

Gunakan Charger Asli

Pada saat Anda membeli HP telah dibekali dengan set box. Di dalamnya terdiri atas pengisi daya ulang atau charger, earphone, kartu garansi, dan buku petunjuk operasional.

Cobalah selalu ingat membawa charger asli bila pergi. Apabila terlalu sering menggunakan charger yang tidak asli, bisa membahayakan baterai HP.

Matikan Fitur Getar

Tidak banyak yang tahu bila fitur getar bisa memperberat kinerja baterai. Sebagaimana diketahui bila fitur ini memaksa motor elektrik dan membuat baterai HP menjadi boros.

Sebetulnya tidak ada yang salah mengaktifkan fitur getar. Tapi tidak digunakan terus menerus. Pada waktu-waktu tertentu bisa Anda gunakan, misalnya saat rapat atau tidur.

Beri Waktu HP untuk Istirahat

Bermain game online, streaming YouTube, dan koneksi wi-fi yang terus menerus bisa mereduksi daya tahan baterai. Umumnya disebabkan karena kinerja baterai yang dipaksa di luar kapasitas.

Layaknya manusia, HP juga butuh waktu  istirahat. Berilah waktu minimal 20-30 menit dalam rentang waktu tiga jam sekali untuk beristirahat.

Hapus Aplikasi Tak Fungsi

Anda akan dikejutkan dengan banyaknya aplikasi yang sudah tertanam atau biasa disebut aplikasi bawaan. Aplikasi ini memang susah dihapus karena ditanam pemegang merek.

Umumnya aplikasi bawaan ini mereduksi kapasitas RAM, dan berpengaruh pada kinerja baterai. Solusinya, jangan menambah aplikasi yang tidak penting dan hapuslah aplikasi lain yang tidak digunakan.

Hapus Sampah

Upayakan menghapus sampah cookies maupun cache untuk meringankan kinerja RAM. Jika HP Anda Android, Google telah menanamkan aplikasi penghapus sampah. Cobalah sesering mungkin menghapus sampah. Semoga bermanfaat. (*)

Tombol Google News

Tags:

tips baterai awet cara hemat baterai HP Handphone Android