Trik Seru Mengajarkan Membaca pada Anak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

20 Januari 2024 01:26 20 Jan 2024 01:26

Thumbnail Trik Seru Mengajarkan Membaca pada Anak Watermark Ketik
Mendampingi anak saat belajar membaca dapat membuatnya cepat paham. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Untuk mendukung tumbuh kembang dan proses belajar anak, peran serta orang tua sangat diperlukan. Salah satunya saat anak sudah memasuki usia sekolah, membaca merupakan salah satu ketrampilan yang sangat penting.

Bagi orang tua, mengajari cara membaca pada anak bisa menjadi tantangan tersendiri. Tentu saja diperlukan kesabaran dan trik khusus agar anak bisa paham dan tidak mudah bosan.

Dilansir dari beragam sumber, berikut ini adalah cara yang bisa diterapkan oleh orang tua untuk membantu anak belajar membaca.

1. Metode Phonics

Metode Phonics merupakan metode yang seringkali digunakan oleh orang tua saat mengajari anak membaca. Metode ini mengajarkan cara membaca pada anak dengan mengenali bunyi tiap huruf. Jika anak sudah mengenali bunyinya, barulah masuk ke suku kata.

2. Membuat jadwal membaca

Ada pepatah yang bilang bisa karena biasa. Hal ini pun juga berlaku dengan membaca. Penting untuk membuat jadwal membaca bagi anak, agar mereka terbiasa membaca.

Umumnya anak kecil akan paham mengenal sebuah kata yang terus diulang. Oleh sebab itu teruslah mengulang suatu kata hingga si kecil paham dan mengerti.

3. Fokuskan pada pengenalan abjad

Untuk mempermudah anak membaca, sebaiknya fokuskan anak dengan mengenalkan abjad dari A sampai Z. Jika si kecil sudah mengetahui dan mengenal abjad, akan lebih mudah melatihnya membaca.

4. Siapkan variasi buku bacaan

Anak-anak cepat sekali merasa bosan apabila belajar membaca dengan buku bacaan yang itu-itu saja. Untuk mengakalinya bisa memberikam buku bacaan yang bervariasi, bila perlu yang bergambar dan berwarna.

5. Memberikan contoh berulang pada anak

Anak merupakan peniru yang baik, dan yang ditiru pertama kali adalah orang tua. Oleh sebab itu penting bagi orang tua untuk memberikan contoh yang berulang pada anak.

Salah satunya dengan mendampingi si kecil ketika belajar. Belajar dapat dilakukan sambil bermain sehingga anak-anak lebih mudah merekam dalam ingatan mereka.(*)

Tombol Google News

Tags:

parenting anak membaca mengajar orang tua Pendamping