Suka Konsumsi Susu Oat? Hati-Hati Dampak Negatifnya Bagi Tubuh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 Juni 2023 22:05 21 Jun 2023 22:05

Thumbnail Suka Konsumsi Susu Oat? Hati-Hati Dampak Negatifnya Bagi Tubuh Watermark Ketik
Ilustrasi susu oat. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Susu oat saat ini sedang populer di kalangan masyarakat, terutama yang sedang menjalani gaya hidup sehat. Susu ini dipercaya lebih rendah kalori dibanding susu sapi. Selain itu susu oat juga dapat menjadi alternatif bagi orang yang alergi dengan kandungan laktosa pada susu sapi.

Tidak hanya itu, bagi para vegetarian dan vegan susu sapi dapat me jadi opsi untuk dikonsumsi karena berasal dari tumbuhan.

Namun tahukah kamu dibalik berbagai manfaat itu semua ternyata susu oat memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi tubuh. Apa saja itu? Berikut kami uraikan untuk anda.

1. Kandungan Gula yang Tinggi

Susu oat yang sering kita jumpai di pasaran memiliki kandungan gula yang berlimpah. Apalagi hasil produksi pabrikan, biasanya susu oat akan mendapatkan tambahan seperti pemanis buatan, pengental, bahkan pengawet.

Pada dasarnya susu oat hanya terbuat dari oat dan air saja. Namun karena proses produksi yang kurang memperhatikan kesehatan, produk ini dapat memicu diabetes jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.

2. Kurangnya Nutrisi yang Terkandung Dalam Susu Oat

Kandungan nutrisi dalam susu oat bisa dibilang cukup minim. Seperti kalsium dan protein, berbeda dengan produk hewani seperti susu sapi. Oleh sebab itu bagi anda yang menjadikan susu oat pengganti susu sapi kemungkinan akan mengalami kekurangan nutrisi penting bagi tubuh.

Belum lagi saat menjalani proses produksi dari pabrik, banyak kandungan vitamin yang berkurang. Hal ini terjadi karena penambahan berbagai bahan tambahan.

3. Membuat Perut Kembung

Bagi kamu yang sedang mengalami gangguan pencernaan, ada baiknya menghindari konsumsi susu oat. Hal ini karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya dapat memicu produksi gas perut.

Susu oat mengandung serat yang tinggi. Ketika seseorang tidak terbiasa mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat, maka akan memicu kembung.(*)

Tombol Google News

Tags:

Susu oat kesehatan vegetarian diabetes kandungan gula