Sering Digunakan sebagai Tanaman Obat, Inilah Manfaat Mengonsumsi Jahe

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

6 Juli 2023 05:08 6 Jul 2023 05:08

Thumbnail Sering Digunakan sebagai Tanaman Obat, Inilah Manfaat Mengonsumsi Jahe Watermark Ketik
Jahe. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Jahe adalah tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan untuk obat berbagai macam penyakit.

Jahe mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang dapat mengobati banyak masalah kesehatan seperti radang sendi, peradangan, hingga berbagai jenis infeksi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat jahe bagi kesehatan

1. Mengurangi Rasa Mual

Bagi Anda yang sedang mual mengkonsumsi jahe adalah pilihan yang tepat. Jahe dapat mengurangi rasa mual secara efektif baik karena kehamilan atau bahkan orang yang telah menjalani operasi, dan kemoterapi. 

2. Menurunkan Berat Badan

Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang dapat menekan nafsu makan, mengendalikan gula darah dan efek anti-obesitas. Oleh sebab itu mengonsumsi jahe secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Mengurangi Gejala Osteoartritis

Beberapa penelitian membuktikan jahe ternyata dapat membantu mengurangi gejala osteoartritis lutut. Penyakit Osteoartritis adalah kondisi degenerasi sendi yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri sendi dan kekakuan. 

4. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi Anda kaum hawa yang sedang mengalami masa haid. Konsumsi jahe ternyata dapat mengurangi rasa nyeri. Hal ini karena jahe menghambat produksi prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan bahan kimia yang berperan dalam sistem reproduksi wanita.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Kamdungan gingerol yang memiliki sifat anti-kanker pada jahe, terbukti dapat membantu mengurangi risiko kanker gastrointestinal. Kandungan tersebut bekerja dengan dibantu berbagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi lainnya yang terkandung dalam jahe.

6. Membantu Melawan Infeksi

Jahe memiliki sifat antimikroba yang berguna untuk melawan infeksi bakteri dan jamur sehingga secara efektif dapat mengurangi beberapa resiko infeksi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Jahe herbal Tanaman Obat Khasiat Anti-mikroba