Semifinal Piala AFF U-19 Indonesia vs Malaysia, Bukan Cuma Sepak Bola, Tapi Adu Gengsi Antar Negara

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

27 Juli 2024 04:15 27 Jul 2024 04:15

Thumbnail Semifinal Piala AFF U-19 Indonesia vs Malaysia, Bukan Cuma Sepak Bola, Tapi Adu Gengsi Antar Negara Watermark Ketik
Jens Raven siap menjebol gawang Malaysia, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Timnas Indonesia U-19 siap tarung habis-habisan kontra Malaysia U-19 pada laga semifinal Piala AFF U-19 di Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (27/7/2024). Kick off bakal dimulai pukul 19.30 WIB.

Pelatih Indonesia Indra Sjafri menyebut duel ini bukan hanya tentang sepak bola. Tapi juga laga sarat gengsi antar negara. Ia juga memastikan kalau Jens Raven dan kawan-kawan sudah sangat siap berlaga.

"Kalau sudah pertandingan antar negara saya tetap dengan filosofi itu, kami paham gengsi negara harus kita perjuangkan," tegasnya, Sabtu (27/7/2024).

Indra juga menekankan ke anak asuhnya jika pertandingan melawan Malaysia merupakan pertandingan adu gengsi. "Itu saya sampaikan ke anak-anak bahwa pertandingan antar negara bukan hanya pertandingan antar filosofi tapi ada gengsi negara," jelasnya.

Indra juga mewaspadai kekuatan Harimau Malaya. Ia mengakui jika dilihat secara statistik terakhir, Garuda Muda belum pernah meraih kemenangan dalam enam pertemuan terakhir dengan Malaysia pascajuara di Piala AFF U-19 2013 lalu.

"Semoga saja apa yang menjadi informasi tadi bahwasannya kita draw empat kali dan kalah dua kali tentu itu jadi evaluasi bagi kami," kata dia.

Foto Pelatih Indonesia Indra Sjafri bersama Pelatih Malaysia U-19, Juan Torres Gorrido saat pressconfers di Hotel Windyam, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Pelatih Indonesia Indra Sjafri bersama Pelatih Malaysia U-19, Juan Torres Gorrido saat pressconfers di Hotel Windyam, Sabtu (27/7/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Terkait persiapan tim, Indra sudah mengevaluasi secara keseluruhan. Strategi pun telah dimatangkan. Bahkan persiapan hingga adu penalti juga dilatih.

"Kita banyak waktu melakukan persiapan termasuk semua persiapan, ada penalti dan sebagainya. Hari ini juga ada latihan terakhir sebelum besok pertandingan," ungkapnya.

Sementara itu, Pelatih Malaysia U-19, Juan Torres Gorrido mengaku, timnya sangat siap dan cukup percaya diri bisa mengalahkan Indonesia di depan suporternya. Optimisme itu lantaran menjadi salah satu tim yang cukup produktif selama gelaran AFF U-19.

Diketahui, Malaysia telah melesatkan sebanyak 17 gol dan baru kemasukan satu gol saja.

"Saya pikir sekarang kami jauh lebih siap daripada ketika pertama kami tiba di sini. Menurut saya itu bagus. Kami berharap kami bisa melihat pertandingan yang bagus dengan skenario yang bagus," katanya.

"Kami sudah siap, dan kami berharap untuk menunjukkan permainan yang bagus," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

semifinal piala aff u-19 Indonesia vs Malaysia Gelora Bung Tomo