Sederet Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Jurnalis: Arief
Editor: Rudi

20 Juni 2023 19:11 20 Jun 2023 19:11

Thumbnail Sederet Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Watermark Ketik
Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya untuk kesehatan tubuh. (Foto: BBC Good Food)

KETIK, JAKARTA – Kandungan nutrisi dalam alpukat membuatnya disebut superfood atau superfruit. Buah yang berasal dari Honduras ini kaya nutris dan memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan.

Buah ini kerap dijadikan teman sarapan bersama telur rebus, sayuran, dan kacang-kacangan. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan kaya karbohidrat, serat, vitamin, protein, magnesium, kalium,  dan kandungan lainnya.

Berikut manfaat alpukat:

Kontrol Berat Badan

Mengonsumsi alpukat bisa memberi rasa kenyang yang cukup lama. Buah ini mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Selain itu, buah ini memiliki kandungan lemak baik yang bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap sehat.

Tapi Anda disarankan tidak mengonsumsi berlebihan. Sebab di dalam alpukat juga terkandung kalori 15-200 pada setiap buahnya. Mengonsumsi alpukat juga perlu diimbangi dengan olahraga dan makan makanan sehat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi alpukat secara rutin bisa menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolesterol jahat. Selain itu, alpukat juga bisa menaikkan kadar high density lipoprotein (HDL) dalam tubuh.

Kolesterol jahat atau LDL biang kerok penyumbatan pembuluh darah di jantung. Akibatnya risiko terjadinya masalah kesehatan jantung sangat tinggi.

Mengonsumsi alpukat sangat disarankan untuk mengontrol LDL dan meningkatkan HDL. Sebab di dalam buah ini terkandungan protein, serat, vitamin, mineral, dan lemak sehat,

Mencegah Sembelit

Minimnya asupan serat bisa memicu sembelit. Kandungan serat di dalam alpukat sangat bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan rasa sakit saat BAB.

Mengonsumsi alpukat secara rutin, ditambah dengan air putih, memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada alpukat bisa membantu mengatasi sembelit.

Melembabkan Kulit

Masalah pada kulit seperti jerawat, eksim dan kulit pecah-pecah bisa mengurangi kepercayaan diri. Mengonsumsi alpukat bisa memperbaiki kondisi kulit yang cenderung kering akibat sengatan matahari atau sebab lain.

Kandungan mineral, vitamin, air, dan lemak baik di dalam alpukat bisa menjaga kelembaban kulit agar tetap cantik. Antioksidan di dalam alpukat juga bisa untuk memperbaiki kerusakan kulit.

Menjaga Kesehatan Janin

Asam folat yang tinggi di dalam alpukat sangat dibutuhkan ibu hamil (bumil). Sementara manfaat asam folat berfungsi pembentukan sel darah merah, mengoptimalkan pembentukan sel dan sistem organ janin, dan mencegah komplikasi kehamilan.

Mengonsumsi alpukat secara tepat bisa memberi kesehatan bagi janin. Cleveland Clinic menyarankan untuk mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari untuk mendapatkan manfaat untuk kesehatan. (*)

Tombol Google News

Tags:

alpukat kesehatan jantung sembelit avocado Kesehatan kulit