Peringati Nuzulul Quran, Masjid Jamik Baiturrahim Kepanjen Hadirkan Mubaligh dari Bali

Editor: Gumilang

27 Maret 2024 16:00 27 Mar 2024 16:00

Thumbnail Peringati Nuzulul Quran, Masjid Jamik Baiturrahim Kepanjen Hadirkan Mubaligh dari Bali Watermark Ketik
Pengasuh Pesantren Sekolah Pendidikan Mental Agama Allah atau SPMAA Denpasar Bali KH Dr Glory Islamic Muchtar ketika mengisi Peringatan Nuzulul Quran di Masjid Jamik Baiturrahim Kepanjen. (Foto: M Iksan for ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Masjid Jamik Baiturrahim, Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, mengadakan peringatan Nuzulul Quran, Rabu, (27/3/2023) malam. Peringatan tersebut diisi ceramah agama oleh Mubaligh dari Bali.

Mubaligh itu ialah Pengasuh Pesantren Sekolah Pendidikan Mental Agama Allah atau SPMAA Denpasar Bali KH Dr Glory Islamic Muchtar atau akrab disapa Gus Glory. 

Tema yang diambil pada ceramah agama tersebut, 'Al Quran Sebagai Obat dan Penyejuk Hati'. Ketua Takmir Masjid Baiturrahim, H Mohamad Iksan mengatakan, Ramadan merupakan momentum tepat meningkatkan kualitas ibadah dan menimba ilmu agama.

Terlebih juga bertepatan dengan peringatan Nuzulul Quran. "Peringatan Nuzulul Quran sudah selayaknya diperingati dengan berlomba-lomba berbuat kebaikan terutama di bulan suci Ramadan," ujar H Moh Iksan Kamis, (27/3/2024).

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu caranya adalah dengan membaca Al-Quran dan melakukan tadabur. Terlebih pahala dilipat gandakan selama Ramadan ketika membaca Al Quran sekaligus memaknai artinya.

"Hikmah lainnya yang dapat diambil dari malam Nuzulul Quran ialah bisa mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Bertambahnya kebaikan dari Allah SWT sangatlah penting bagi umat manusia di muka bumi," ungkapnya.

Menurutnya, Kegiatan Nuzulul Quran merupakan bagian dari salah satu pelaksanan "Program Menyambut dan Menjemput Berkah Ramadan 1445H/2024M" yang diadakan oleh Masjid Jamik Baiturrahim Curungrejo Kepanjen. 

"Sepuluh program unggulan tersebut antara lain Buka Puasa Gratis, Pesantren Ramadhan, Nuzulul Quran, Kuliah Subuh, tausiyah dan sebagainya," ungkapnya.

Diharapkannya, melalui peringatan malam Nuzulul Quran yang diadakan Masjid Jamik Baiturrahim Kepanjen ini mengasah kita semua untuk konsisten dalam kebaikan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Madjid Jamik Baiturrahim Kepanjen Kabupaten Malang Kepanjen Nuzul Quran Ramadan