Pemudik Pengguna Pesawat Terbang Diprediksi Naik 18 Persen

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

14 April 2023 05:31 14 Apr 2023 05:31

Thumbnail Pemudik Pengguna Pesawat Terbang Diprediksi Naik 18 Persen Watermark Ketik
General Manager PT Angkasa Pura 1 Sisyani Jaffar (kanan) memantau perkembangan arus mudik lebaran di Bandara Juanda, Jumat (14/4/2023). (Foto: M. khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Prediksi kenaikan 18 persen jumlah pemudik Lebaran 2023 yang menggunakan pesawat terbang membuat Bandara Internasional Juanda membuka posko pengendalian transportasi Udara.

Posko ini untuk memantau perkembangan pemudik yang akan berangkat menggunakan pesawat terbang. Posko ini akan dibuka selama 19 hari mulai 14 April hingga 2 Mei 2023.

"Pasca pandemi, kami memprediksi adanya peningkatan sekitar 18 persen jumlah penumpang yang menggunakan pesawat terbang," jelas General Manager PT Angkasa Pura 1 Sisyani Jaffar, Jumat (14/4/2023).

Dalam posko ini, Sisyani mengatakan bisa memantau pergerakan penumpang dan cargo. "Ini kami update setiap hari, serta posko ini bisa membantu masyarakat yang hendak mudik menggunakan pesawat terbang," ucapnya.

Dalam posko ini, tidak hanya petugas dari PT Angkasa Pura I saja yang bertugas. Anggota NI AL, Basarnas dan beberapa pasukan pengamanan lain juga terlibat.

Sementara itu, Yuristo Ardhi, Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I mengatakan prediksi adanya peningkatan penumpang ada di H-5 Hari Raya Idul Fitri. "Untuk saat ini masih belum ada peningkatan jumlah penumpang, karena memang belum libur lebaran," jelasnya.

Pemerintah Indonesia sudah mengeluarkan libur lebaran mulai 19 hingga 25 April 2023. Libur panjang ini diharap membuat masyarakat bisa mudik lebih awal dan menghindari penumpukan penumpang. (*)

Tombol Google News

Tags:

lebaran mudik Idul Fitri Bandara Juanda Surabaya Angkasa Pura I