Musim Libur Sekolah, Khofifah Ajak Warga Kunjungi Destinasi Wisata Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Arief

24 Juni 2023 07:15 24 Jun 2023 07:15

Thumbnail Musim Libur Sekolah, Khofifah Ajak Warga Kunjungi Destinasi Wisata Jatim Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat mengunjungi destinasi wisata di Jawa Timur, (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak warganya menikmati berbagai destinasi wisata. Terlebih saat ini adalah musim liburan sekolah, menjadikan waktu yang tepat untuk healing.

Menurutnya, provinsi yang ia pimpin merupakan gudangnya destinasi wisata ramah anak. Predikat ini memungkinkan wisatawan healing bersama keluarga atau teman sekolah.

"Kepada anak-anakku yang mulai memasuki masa libur sekolah, Jatim banyak destinasi yang bisa dikunjungi," katanya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (24/6/2023).

Khofifah menyebut terdapat sejumlah destinasi wisata favorit di Jatim mulai dari yang paling timur ada Kawah Ijen. Kawah ini menawarkan eksotisme blue fire yang merupakan fenomena langka di dunia. 

Kemudian bergeser sedikit ke barat, terdapat Gunung Bromo dengan berbagai spot destinasi mulai pasir, bukit teletubis, kawah dan sunrise dari Pannanjakan.

"Ke barat lagi ada Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu yang memiliki destinasi wisata alam hingga buatan, dengan tekonologi digital yang cocok untuk anak, remaja maupun keluarga," tutur Khofifah.

Tak berhenti disitu, lanjut Khofifah, di wilayah Barat Jatim ada sejumlah destinasi seperti Telaga Sarangan yang terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. 

Foto Gubernur Khofifah bermain bersama para satwa. (Foto: Humas Pemprov Jatim)Gubernur Khofifah bermain bersama para satwa di salah satu destinasi wisata. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Ada pula Gunung Kelud di Kediri. Ditambah lagi wisata pantai indah seperti Pantai Gema di Tulungagung dan Prigi, serta Mutiara di Trenggalek. Pantai di selatan Jawa Timur kini telah mudah diakses setelah Jalan Lingkar Selatan saling terhubung. 

"Di Telaga Sarangan terdapat layanan jasa sewa perahu dan becak air untuk menjelajahi telaga," urainya. 

Ia juga menyebut Pantai Delegan di Gresik yang menawarkan keindahan laut dengan ombak yang relatif tenang. Ada pula Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang menawarkan wisata edukasi satwa yang saat ini juga telah dilengkapi dengan surabaya night zoo

"Dan yang tak kalah menarik adalah Gili Iyang di Kabupaten Sumenep yang terkenal sebagai pulau oksigen karena memiliki kadar udara terbaik kedua di dunia," ujar Khofifah.

Sementara itu, bedasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Jatim melalui Bandara Juanda tahun 2023 hingga Bulan Maret mencapai 10.653 Wisman atau naik 18 persen. 

Adapun tujuan favorit wisman saat ke Jatim yakni Taman Wisata Alam (TWA) Ijen, Taman Nasional (TN) Bromo Tengger Semeru, Kampung Warna Warni, Pulau Noko Gili, Museum Probolinggo hingga Gereja Merah. (*)

Tombol Google News

Tags:

pariwisata Jawa timur Gubernur Khofifah wisatawan Liburan sekolah healing