Membaca Perilaku Kucing, Anda Sering Tergoda?

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

27 Mei 2023 16:55 27 Mei 2023 16:55

Thumbnail Membaca Perilaku Kucing, Anda Sering Tergoda? Watermark Ketik
Kucing bisa marah dengan ciri telinganya ke belakang dan tatapannya tak bersahabat. (Foto: Marno/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Kucing merupakan salah satu binatang peliharaan paling lucu dan menggemaskan. Terutama tingkah polanya yang kerap bikin kepala pemiliknya geleng-geleng. Tak jarang majikannya kesal lantaran seisi rumah dibuat berantakan.

Cat lovers, banyak hal yang perlu diketahui dari tingkah pola kucing. Misalnya saat ketakutan, senang, lapar, ingin menggoda majikannya, atau sedang fokus pada sesuatu. Ini tingkah pola kucing yang jarang diketahui pemiliknya.

Menggosokkan Badan

Inilah tingkah kucing paling banyak dijumpai. Sikap ini memang sedikit menggelikan. Sebab kucing yang menggosokkan badan dan kepala biasanya lapar. Padahal ia baru saja diberi makan.

Foto Sikap kucing saat ingin dimanja majikan. (Foto: Purina)Sikap kucing saat ingin dimanja majikan. (Foto: Purina)

Kucing yang sudah jinak, biasanya melakukan hal ini kepada orang yang baru dikenalnya. Bisa jadi, sikap kucing ini minta perhatian. Bila tingkah ini ditunjukkan kepada majikannya, jelas si kucing minta dielus pemiliknya.

Tidur Terlentang

Sikap ini banyak dilakukan kucing saat melihat majikannya sedang membaca buku, menyelesaikan tugas, atau menerima panggilan telpon. Kucing yang merebahkan diri dan terlentang di dekat majikan biasanya benar-benar nyaman.

Tak jarang malah badannya sengaja didekatkan sedekat mungkin agar majikannya bisa mengelus. Dengan begitu, kucing akan merasa dilindungi pemiliknya.

Mengeong

Jangan sampai tanda-tanda kucing lapar diabaikan. Kucing yang lapar biasanya mengeong dan berusaha mengikuti majikannya bergerak.

Bila si manis sudah makan, masih tetap melakukannya, bisa jadi ia butuh perhatian. Apalagi jika kucing mengeong manja dan relatif besuara pelan. Jangan biarkan ia sendiri.

Telinga ke Belakang

Kucing juga bisa marah. Tanda-tanda ia sedang marah Ketika telinganya mengarah ke belakang. Ditambah tatapannya kurang bersahabat. Sikap ini kadang ditunjukkan ketika ngambek atau berada di dokter hewan.

Bila ia merasa terdesak, sikapnya bisa berbalik menyerang. Bisa mencakar, menggertak, atau menerkam. Bisa juga kucing akan berlari menjauh karena ketakutan lantaran terdesak.

Goyangkan Ekor

Sebetulnya goyangan ekor kucing banyak maknanya. Bila ia induk yang sedang menjaga anaknya, bisa diartikan tengah mengajak bermain. Ada pula yang mengartikan kucing sedang tidak nyaman dan frustrasi.

Pengamat binatang mengartikan kucing bersiap menerkam mangsa atau buruannya. Tidak jarang menggoyangkan ekor sedang konsentrasi terhadap sesuatu. Alasan terakhir ini kucing susah diganggu.

Ekor yang digoyangkan juga tergantung ke arah mana bergeraknya. Sebab bisa jadi kucing tengah ketakutan atau menyerah.

Tombol Google News

Tags:

kucing manja sikap kucing binatang peliharaan ekor kucing