Kunjungi Kabupaten Kediri, Gubernur Khofifah Berikan Bantuan Sosial

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moana

7 Juli 2023 05:31 7 Jul 2023 05:31

Thumbnail Kunjungi Kabupaten Kediri, Gubernur Khofifah Berikan Bantuan Sosial Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat memberikan bantuan sosial ke warga miskin di Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, KEDIRI – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali menyerahkan sejumlah bantuan sosial di Kabupaten Kediri. 

Bantuan tersebut menyasar lansia, Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD), tunjangan bagi TKSK dan TAGANA.

Kemudian juga ada bantuan ekonomi produktif bagi Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan bantuan stimulan zakat produktif bagi pelaku usaha ultra mikro. Penyerahan bantuan berlangsung di Lapangan Desa Tulungrejo, Pare, Kabupaten Kediri, Kamis (6/7/2023).

Total terdapat 42 orang penerima bantuan sosial, 50 orang pelaku usaha ultra mikro. Dimana, kepada 2 orang ASPD menerima masing-masing Rp900.000, 10 orang lansia masing-masing menerima Rp500.000, 10 orang TKSK menerima masing-masing Rp1.500.000/triwulan, 10 Kube masing-masing mendapatkan Rp3.000.000 dan 10 orang TAGANA masing-masing mendapatkan Rp750.000/triwulan. 

"Ini merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat. Khusus untuk Tagana dan TKSK semoga bantuan ini memberikan semangat untuk melayani masyarakat dengan baik dan ikhlas ,” ucapnya.

Selain itu, mantan Menteri Sosial RI tersebut juga menyerahkan Sertifikat Kelayakan Pengolahan (SKP) kepada 3 UMKM di Kabupaten Kediri.

Ketiga UMKM tersebut membidangi produk olahan ikan, yakni UD. Mekar Melati Kecamatan Badas, Berkah Ibu Dusun Cangkruk Kecamatan Ngadiluwih, dan Kampung Lele Dusun Cangkruk Kecamatan Ngadiluwih. Selain itu, turut diserahkan pula Sertifikat Pendaftaran Pakan Ikan kepada UKM Samutama Sanjaya Prima.

Tidak hanya bantuan sosial, Gubernur Khofifah juga menyaksikan penyerahan paket pengolahan ikan secara simbolis kepada 10 keluarga berisiko stunting yang dilakukan oleh bupati dan Wakil Bupati Kediri. 

“Harapannya stunting di Jatim ini makin bisa kita tekan bersama sehingga SDM Jatim terus meningkat,” kata Khofifah. 

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Khofifah. Dikatakannya, bantuan ini merupakan satu dari bentuk dukungan yang selama ini selalu dicurahkan. 

"Terima kasih ibu, atas bantuan ini. Insya Allah akan sangat berguna bagi mereka yang menerima dan mudah-mudahan impact-nya terasa hingga ke seluruh Kabupaten Kediri," tuturnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Bantuan Sosial warga miskin UMKM Stunting Gubernur Khofifah Zakat produktif Jawa timur