Kumpulkan Seluruh Kepala OPD, Pj Bupati Magetan Minta Fokus Pengentasan Kemiskinan dan Penyediaan Lapangan Kerja

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

1 November 2023 14:00 1 Nov 2023 14:00

Thumbnail Kumpulkan Seluruh Kepala OPD, Pj Bupati Magetan Minta Fokus Pengentasan Kemiskinan dan Penyediaan Lapangan Kerja Watermark Ketik
Para Kepala OPD Pemkab Magetan saat mengikuti rapat di ruang jamuan Pendapa Surya Graha yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Maetan. (Foto: Humas Pemkab Magetan)

KETIK, MAGETAN – Masalah kemiskinan dan ketersediaan lapangan pekerjaan menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemkab Magetan dalam beberapa tahun ke depan. Sebab, dua hal itu menjadi salah satu poin dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah.

Untuk mengurai masalah tersebut bahkan Pemkab Magetan mengumpulkan seluruh Kepala OPD dan BUMD se-Magetan di ruang jamuan Pendapa Surya Graha Rabu (1/11). Dikumpulkannya para pejabat eselon II dan IIIA di dlingkungan Pemkab Magetan juga mengurai arahan Presiden Jokowi yang sebelumnya mengumpulkan 197 pejabat termasuk Pj Bupati Magetan.

Dalam arahan tersebut presiden tak hanya mengampaikan hajatan pemilu tahun 2024, namun peningkatan ekonomi daerah, SDM, Kesehatan, penguatan ketahanan pangan di masyarakat.

‘’Serta pengambilan keputusan yang haruslah responsif, adaptif dan fleksibel,’’ terang PJ Bupati Magetan Hergunadi

Hergunadi mengakui saat ini masalah kemiskinan dan ketersediaan lapangan pekerjaan menjadi salah satu fokus yang harus diurai di Magetan. " Karena pertumbuhan ekonomi membutuhkan SDM, infrastruktur dan institusi yang bagus. Ketiganya harus seimbang dalam alokasi anggarannya," terangnya.

Pejabat eselon IIA ini menekankan  agar seluruh kepala OPD berorientsi pada hasil dan tak terjebak dalam masalah administrasi. Hal itu diklaim selaras dengan pesan eks Gubernur DKI Jakarta itu. "Jangan terjebak dengan administrasi, yang terpenting orientasikan pada hasil nanti prosedur yang mengikuti," tegasnya

Selain itu Pj Bupati berharappada semua OPD selaku pemangku kebijakan untuk fokus pada proyeksi program nasional yang meliputi pengentasan masalah kemiskinan ekstrem, pengangguran terbuka, investasi dan penanganan stunting. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Magetan Hari Ini Pj Bupati Magetan Hergunadi Masalah Kemiskinan ekstrem Pengangguran Terbuka