Dugaan Penyebab Kebakaran Mobil Elf Rombongan Wisatawan Asal Ponorogo di Jalur Plaosan Usai Liburan di Telaga Sarangan

Jurnalis: Dimas Cheppy Rusadhi
Editor: Eko Suprayitno

19 November 2023 14:37 19 Nov 2023 14:37

Thumbnail Dugaan Penyebab Kebakaran Mobil Elf Rombongan Wisatawan Asal Ponorogo di Jalur Plaosan Usai Liburan di Telaga Sarangan Watermark Ketik
Mobil Suzuki Elf yang mengangkut rombongan wisatawan asal Ponorogo terbakar di Jalur Plaosan-Poncol, Sabtu (19/11). (Foto: Tangkapan Layar Video Viral)

KETIK, MAGETAN – Sebuah mobil Elf yang mengangkut rombongan wisatawan asal Ponorogo terbakar hebat di Jalur Plaosan-Poncol, masuk Desa Bulugunung, Kecamatan Plaosan, Sabtu (19/11) sekitar pukul 16.00 wib.

Mobil Isuzu Elf dengan nopol AG 7478 UY mengalami celaka saat perjalanan pulang ke kota reog usai berwisata ke Telaga Sarangan.  Beruntung 19 penumpang di dalamnya selamat tanpa luka sedikitpun, namun kerugian material mencapai ratusan juta rupiah.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 wib, bermula saat rombongan itu turun dari Telaga Sarangan, awalnya perjalanan relatif lancar. Namun usai melintasi Jembatan Babar Desa Bulugunung Plaosan, asap muncul dari atap disekitar pendingin mobil.

‘’Awalnya asap hitam muncul dari atap, dan disusul api, kemudian saya minggir dulu dan meminta seluruh penumpang untuk keluar,’’ terang Pengemudi Elf bernama Shifa Cakra Bimantara

Warga Dusun Krajan, Desa Pulung, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo ini mengatakan api terus membesar, hingga masyarakat dan pengguna jalan menolong. Sebagian lagi melapor ke polisi dan memanggil damkar.

‘’Dua unit damkar datang untuk membantu memadamkan api,’’ ungkapnya.

Anggota polisi yang mendapatkan laporan langsung melakukan pengamanan. Pengguna jalan dari dua arah diberhentikan menggingat api yang terus membesar disertai asap hitam membubung tinggi. Jalur dari arah Plaosan maupun Poncol sempat tersendat beberapa saat. Setengah jam kemudian api berhasil dipadamkan oleh petugas damkar Pemkab Magetan.

Polisi yang datang ke lokasi langsung melakukan olah TKP untuk mencari penyebab pasti dugaan kebakaran mobil Elf berwarna hijau kombinasi kuning ini

"Hasil penyelidikan sementara kejadian kebakaran tersebut bermula dari bagian atas AC yang mengeluarkan asap," kata Kapolsek Plaosan, AKP Joko Yuwono

Perwira dengan tiga balok di pundak ini mengatakan sopir elf yang mengangkut rombongan asal Pulung Ponorogo itu langsung menepi begitu mengetahui adanya asap yang mengepul di bagian atap mobil. Hingga penumpang berbondong-bondong keluar dari mobil tersebut.

"Dugaan sementara terjadi korsleting pada sistem kelistrikannya’’ tegasnya

Namun, lanjut AKP Joko penyebab pasti tengah diselidiki Unit Gakkum Satlantas Polres Magetan yang sudah melaksanakan oleh TKP dan memeriksa bangkaimobil tersebut.

 ‘’Namun pastinya akan didalami oleh Unit Gakkum Satlantas,’’  ungkapnya

Bangkai mobil Elf itu lantas dievakuasi ke Pos Polisi di Plaosan tujuannya tentu agar tidak menganggu arus lalu lintas.  (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Magetan Hari Ini Mobil elf terbakar di Magetan hari ini Mobil rombongan wisatawan ponorogo terbakar Plaosan Magetan Desa Bulugunung Plaosan Telaga Sarangan Magetan