Khofifah Serahkan Penghargaan E-Purchasing Awards untuk Daerah dengan Belanja Terbanyak

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

29 Mei 2023 15:13 29 Mei 2023 15:13

Thumbnail Khofifah Serahkan Penghargaan E-Purchasing Awards untuk Daerah dengan Belanja Terbanyak Watermark Ketik
Khofifah saat memberikan penghargaan kepada daerah dengan nilai belanja tertinggi, Senin (29/5/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan E-Purchasing Awards 2023 kepada perangkat daerah, pemerintah kabupaten/kota, dan Usaha Mikro Kecil (UMK) yang melakukan transaksi terbanyak melalui Jawa Timur Belanja Online (Jatim Bejo) dan E-Katalog Lokal.

Kegiatan bertajuk “Jawa Timur Bangkit Lebih Kuat dengan Transformasi Digital Pengadaan Barang/Jasa” ini dilaksanakan di Surabaya, Senin (29/5/2023). 

"E-Purchasing ini menjadi bagian yang penting dari proses pengadaan barang dan jasa. Tidak hanya ekosistem digitalnya yang kita bangun, tapi juga pertumbuhan serapan produk-produk UMKM," ujar Gubernur Khofifah.

Gubernur Jawa Timur menjelaskan pihaknya terus membangun komitmen dalam memaksimalkan pengadaan barang dan jasa melalui produk-produk UMKM, produk-produk dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) persentase tertentu, dan produk-produk yang bisa masuk pada kategori Bangga Buatan Indonesia. 

“Pemprov Jatim juga sudah meningkatkan yang tadinya pada skala Rp 50 juta sekarang Rp 200 juta rupiah untuk bisa diakses oleh berbagai produk UMKM. Harapan kita akan ada perluasan serapan dari produk-produk UMKM,” katanya. 

Gubernur Khofifah juga berharap sektor UMKM semakin banyak terserap dalam pengadaan barang dan jasa di Jawa Timur. Pasalnya, setiap pertumbuhan di Jawa Timur akan memberikan ruang bagi penurunan tingkat pengangguran terbuka. 

“Makin tumbuh, makin inklusif. Makin tumbuh, makin berkurang kemiskinan. Makin tumbuh, makin berkurang pengangguran. Makin tumbuh, makin meningkat kesejahteraan," tegasnya.

Hingga Maret 2023, terdapat 32 kabupaten/kota di Jawa Timur telah berpartisipasi dalam e-purchasing Jatim Bejo. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, menjelaskan, hingga Maret 2023, dari 32 pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur yang telah berpartisipasi dalam e-purchasing Jatim Bejo tersebut, total transaksi mencapai Rp 427,7 miliar yang dilakukan oleh 6.154 UMK dengan total produk yang tayang sejumlah 134.682 produk. 

“Ini juga selaras dengan amanat Presiden RI terkait bagaimana upaya kita untuk memaksimalkan belanja produk dalam negeri dan untuk Bangga Buatan Indonesia,” pungkas Adhy.(*)

Tombol Google News

Tags:

E-Purchasing Khofifah Pemprov Jatim UMKM Ekonomi Digitalisasi