Kenali Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Cairan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

21 Juli 2023 17:06 21 Jul 2023 17:06

Thumbnail Kenali Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Cairan Watermark Ketik
Bila dehidrasi harus banyak minum. (Foto: Pixabay)

KETIK, JAKARTA – Kekurangan cairan atau biasa dikenal dengan dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh kekurangan air. Kondisi ini menyebabkan sel sel tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Dalam hal ini masih banyak orang yang menyepelekan dehidrasi, terutama konsumsi air putih.

Padahal jika dibiarkan dehidrasi pada tubuh dapat berbahaya dan berakibat fatal, bahkan dapat mengancam nyawa. Oleh sebab itu penting bagimu untuk mengetahui ciri ciri tubuh yang mengalami dehidrasi, agar kamu tahu untuk kembali mengisi cairan tubuh. Berikut ini ciri cirinya dan simak penjelasannya.

 

1. Urine Berwarna Gelap

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui tingkat dehidrasi tubuh adalah dengan melihat warna urine kita. Jika warna urine kita kuning cerah atau cenderung tidak berwarna berarti tubuh kita sedang cukup cairan.

Namun jika urine berwarna gelap itu berarti tubuh kita sedang dehidrasi. Warna yang gelap disebabkan karena tubuh menyimpan lebih banyak air dan tidak mengeluarkannya ke dalam bentuk urine.

Foto Ilustrasi sakit kepala. (Foto: Pixabay)Ilustrasi sakit kepala. (Foto: Pixabay)

2. Kepala Terasa Sakit

Jika kamu sering menderita sakit kepala bisa jadi itu karena kamu sedang dehidrasi. Hal ini karena saat tubuh kekurangan cairan saluran darah di otak akan mengalami perenggangan. Akibatnya kepala akan terasa sakit bahkan migrain.

 

3. Susah Konsentrasi 

Rasanya semua orang pasti tahu jika tubub kekurangan cairan maka kita akan sulit untuk berkonsentrasi. Tidak hanya itu dehidrasi juga merusak memori jangka pendek dan suasana hati. 

 

4. Detak Jantung Tidak Normal

Tidak hanya otak ternyata kekurangan cairan juga berdampak pada detak jantung. Saat kekurangan cairan fungsi pembuluh darah akan berkurang hal ini akan menyebabkan detak jantung terganggu. Detak jantung yang terganggu ini akan membuat darah yang dipompa oleh jantung jadi berkurang jumlahnya.

 

5. Tekanan Darah Rendah

Dehidrasi yang terjadi secara signifikan dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Hal ini karena jumlah cairan dalam kapiler, vena, arteri dan bilik jantung rendah. Jika kondisi ini dibiarkan akan berakibat fatal.(*)

Tombol Google News

Tags:

dehidrasi kekurangan cairan kesehatan sakit kepala tekanan darah rendah air putih urine