Jangan Lengah, Kenali Tanda Awal Penuaan Dini Pada Kulit

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

20 Juli 2023 18:28 20 Jul 2023 18:28

Thumbnail Jangan Lengah, Kenali Tanda Awal Penuaan Dini Pada Kulit Watermark Ketik
Bintik-bintik hitam di wajah karena sinar UV. (Foto: Pexel)

KETIK, JAKARTA – Memiliki wajah cantik dan awet muda adalah idaman setiap wanita. Sehingga banyak wanita berusaha merawat kulit agar tetap terlihat muda dan cantik. Namun tahukah kamu jika proses penuaan kulit sudah dimulai setelah kita melewati masa puber, atau di awal usia 20 an.

Biasanya menginjak usia 20 an tanda tanda penuaan mulai terlihat terutama gari garis halus pada kulit. Selain garis halus terdapat beberapa tanda-tanda penuaan kulit lain yang harus kamu ketahui.

Foto Kulit di wajah kering.(Foto: Pexel)Kulit di wajah kering.(Foto: Pexel)

Dengan mengetahui tanda lebih awal kamu dapat segera melakukan tindakan perawatan, untuk memperlambat proses penuaan kulit. Berikut ini kami uraikan tanda tanda penuaan pada wajah. Simak penjelasannya.

1. Terdapat Kerutan di Sekitar Mata.

Tanda awal penuaan kulit pada wajah biasanya ditandai dengan munculnya garis halus di sekitar mata. Hal ini terjadi karena proses regenerasi kulit yang mulai melambat, sehingga membuat serat dermis berantakan dan stratum korneum terluar kulit menebal. 

2. Kulit Gampang Kering

Bagi kita yang hidup di daerah tropis dengan sinar matahari yang terik rentan memiliki kulit yang kering. Ditambah dengan polusi udara dan rokok yang membuat molekul kelembapan menjadi rusak. Jika molekul ini rusak maka kulit akan mudah kering.

3. Muncul Bintik-Bintik Hitam

Selain faktor genetik penuaan kulit juga dipengaruhi oleh lingkungan, salah satunya sinar UV. Seperti yang kita tahu sinar UV dapat merusak kulit dan menyebabkan munculnya bintik hitam di wajah sehingga membuat kita terlihat tua. 

4. Pipi Terasa Kendur

Berkurangnya lemak yang menyokong kulit di pipi juga menjadi tanda penuaan dini. Lemak memiliki fungsi menopang kulit agar lebih berisi dan awet muda. seiring bertambahnya usia kita kehilangan volume pada lapisan kulit ini. Hal inilah yang menyebabkan pipi terlihat tidak kencang. 

5. Muncul Benjolan Kecil

Benjolan Kecil yang muncul di wajah biasa disebut dengan Milia. Munculnya milia ini disebabkan karena pemakaian produk perawatan wajah yang terlalu keras dan kerusakan yang menumpuk akibat matahari, sehingga kulit tidak mampu mengelupas secara alami hingga akhirnya muncul benjolan milia ini.(*)

Tombol Google News

Tags:

penuaan dini kulit kering Perawatan Garis Halus gaya hidup