Jaga Privasi Pengguna, Apple Eksperimen Tambahkan Pelindung Layar Untuk Produknya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

2 Desember 2023 10:00 2 Des 2023 10:00

Thumbnail Jaga Privasi Pengguna, Apple Eksperimen Tambahkan Pelindung Layar Untuk Produknya Watermark Ketik
Ilustrasi berbagai produk Apple. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Selama ini produk besutan Apple, yakni Iphone dan Macbook dikenal memiliki kualitas layar yang unggul. Hal ini lantaran dukungan dari panel LCD dan OLED yang memiliki resolusi tinggi dan sudut pandang yang luas hingga 170 derajat.

Akan tetapi di balik kelebihan tersebut, terdapat kekurangan yang tidak disadari oleh pengguna, yakni mudahnya orang lain mengintip layar para pengguna. Hal ini tentu saja mengganggu privasi dan beresiko terhadap keamanan informasi pribadi anda.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Apple berencana untuk menanggulangi masalah tersebut. Dikutip dari Gadget Now, Sabtu (2/12/2023), Apple baru saja mendapatkan paten terkait dengan penambahan lapisan penutup pada layar.

Paten berjudul "Film privasi untuk tampilan melengkung (Privacy films for curved displays)" ini akan membuat cahaya hanya akan keluar melalui satu arah karena adanya lapisan seperti film polarisasi. Dengan begitu hanya pengguna yang melihat tepat di depan layar yang dapat melihat jelas apa yang ditampilkan.

Sedangkan orang yang berada di samping atau di sudut yang berbeda tidak dapat melihat apapun. Dengan adanya fitur ini tentu saja akan membuat privasi pengguna lebih terjaga.

Selain itu Apple juga mendapatkan paten lain yang berjudul "Layar dengan sudut pandang yang dapat disesuaikan (Displays with adjustable angles of view)," dengan fitur ini pengguna dapat mengubah dan mengatur sudut layar sesuai keinginan mereka.

Tidak hanya itu rencananya, fitur ini dapat dikontrol secara elektrik. Dengan teknologi tersebut, layar perangkat juga akan memiliki lapisan kristal cair di antara lapisan polarisasi ini.

Meski masih berupa paten dan eksperimen, hal ini membuktikan Apple memiliki komitmen tinggi untuk menjaga keamanan privasi penggunanya. Potensi pengembangan ini memberikan gambaran tentang masa depan layar perangkat.(*)

Tombol Google News

Tags:

Apple teknologi pelindung layar OLED iPhone Macbook Eksperimen