Inilah 5 Wisata Menarik Kota Samarinda yang Sayang Jika Dilewatkan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

3 Maret 2024 00:15 3 Mar 2024 00:15

Thumbnail Inilah 5 Wisata Menarik Kota Samarinda yang Sayang Jika Dilewatkan Watermark Ketik
Wisata tepian sungai mahakam. (Foto: Samarinda Info)

KETIK, SAMARINDA – Samarinda merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini dibangun disekitar aliran sungai mahakam ini yang merupakan salah satu sungai terpanjang dan terbesar di Indonesia. Selain untuk memenuhi kebutuhan penduduk, Sungai Mahakam juga digunakan sebagai jalur kapal untuk mengirim hasil tambang batu bara.

Sebagai ibukota provinsi, Samarinda menawarkan jenis wisata yang beragam, mulai dari wisata sungainya yang khas, wisata budaya Suku Dayak hingga mengunjungi tempat religi ternama di Samarinda.

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi saat anda berada di Samarinda.

1. Tepian Sungai Mahakam

Tak lengkap rasanya jika kita berada di Samarinda namun tidak mengunjungi Sungai Mahakam. Tepian Sungai Mahakam menawarkan beragam wisata menarik yang sangat digemari oleh masyarakat Samarinda. Banyak fasilitas pemdukung yang dibangun oleh pemerintah untuk memanjakan pengunjung saat menikmati suasana Sungai Mahakam.

Selain itu anda juga bisa mencicipi aneka kuliner lezat yang dijual oleh masyarakatnya sekitar. Dengan harga yang terjangkau Tepian Sungai Mahakam sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata murah.

Foto Wisata River Cruise Mahakam. (Foto: Pemprov Kaltim)Wisata River Cruise Mahakam. (Foto: Pemprov Kaltim)

2. River Cruise Mahakam

Masih dikawasan Sungai Mahakam, setelah puas menikmati Tepian Sungai Mahakam anda bisa melanjutkan aktivitas wisata dengan mencoba River Cruise Mahakam. Dengan wisata ini anda akan diajak berlayar berkeliling di Sungai Mahakam dengan menaiki kapal. 

Selama perjalanan menyusuri sungai sepanjang 920 km ini kamu akan melihat 3 budaya yang ada di Kalimantan Timur. 3 budaya tersebut adalah kebudayaan pesisir yang berada di kota Samarinda, kebudayaan kerajaan yang berada di Kutai Kartanegara, dan kebudayaan pedalaman di Kutai Barat hingga ke Mhakam Ulu.

 

3. Pulau Beras Basah

Destinasi wisata selanjutnya adalah Pulau Beras Basah. Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata di Samarinda yang terkenal akan pemandangan indah bawah lautnya. Perairan di sekitar pulau ini terkenal jernih sehingga kita bisa melihat aneka biota laut dengan mata telanjang.

Selain itu pulau ini memiliki pasir pantai yang lembut dan ombak yang tenang, sehingga sering dijadikan arena snorkeling oleh para wisatawan.

Untuk fasilitas yang ada di Pulau Beras Merah ini juga sudah sangat lengkap. Dimana sudah ada mushola, warung makan, dan toilet yang bersih.

 

4. Kampung Tenun Samarinda

Berkunjung ke Kota Samarinda tak elok rasanya jika tidak membawa oleh-oleh atau cinderamata khas Khas Kota Tepian ini yakni kain tenun Samarinda. Untuk mendapatkannya kamu bisa pergi ke Kampung Tenun Samarinda. 

Di Kampung ini wisatawan tidak hanya membeli kain, tetapi sekaligus juga melihat proses pembuatan kain tenun Samarinda yang tersohor. Proses pembuatan kain ini sendiri masih sangat tradisional dengan menggunakan alat tenun non-mekanis yang disebut dengan Gedokan.

 

4. Desa Budaya Pampang

Pulau Kalimantan terkenal akan suku aslinya yakni suku dayak yang memiliki tradisi dan kebudayaan yang unik. Jika ingin melihat lebih dekat bagaimana kebudayaan suku dayak kamu bisa mampir ke Desa Budaya Pampang.

Di desa ini kamu bisa mempelajari sejarah budaya Dayak mulai dari ukiran-ukiran khas yang terdapat pada rumah adat, dan mencoba pakaian tradisional. Selain itu terdapat juga pertunjukan seni tarian yang digelar oleh masyarakat pada Minggu pukul 13.00–15.00 WITA. 

 

5. Islamic Center Samarinda

Kota Samarinda memiliki masjid Islamic Center yang merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid inj memiliki desain arsitektur yang terinspirasi dari Hagia Sophia yang ada di Turki. Ciri khas dari masjid ini adalah menara utama tunggal dengan tinggi 99 meter, sesuai dengan asmaul husna atau 99 nama Allah. Selain untuk beribadah, Islamic Center Samarinda juga terkenal sebagai tempat wisata religi terutama bagi umat Islam.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata sungai mahakam River Cruise Mahakam Suku Dayak Tenun Samarinda