Hutan di Penanjakan Bromo Terbakar, BPBD Jatim Terjunkan Tim Pemadam

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

8 Agustus 2024 07:15 8 Agt 2024 07:15

Thumbnail Hutan di Penanjakan Bromo Terbakar, BPBD Jatim Terjunkan Tim Pemadam Watermark Ketik
BPBD Jatim berusaha padamkan api yang membakar hutan di penanjakan Gunung Bromo, Kamis (8/8/2024). (Foto: BPBD Jatim)

KETIK, PASURUAN – Kebakaran hutan terjadi di penanjakan Gunung Bromo lebih tepatnya, di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Rabu malam (7/8/2024).

Belum diketahui penyebab kebakaran hutan di kawasan Bromo yang membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur langsung turun tangan itu.

"Sebelumnya kita lihat ada kepulan asap hitam dari arah penanjakan setelah kami cek ternyata ada kebakaran serta belum ada tindakan," ujar Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan BPBD Jatim, Dadang Iqwandy saat dihubungi Ketik.co.id, Kamis (8/8/2024).

"Akhirnya, kontak sana sini, termasuk ke TNBTS, pihak desa dan BPBD Pasuruan," tambahnya.

Mengunakan alat seadanya, petugas BPBD Jatim langsung memadamkan api yang saat itu sudah mulai membesar. "Kami lakukan agar api tidak merembet ke kawasan lainnya," jelasnya lagi.

Api yang sudah membesar ini mulai melahap ilalang, pohon edelweis dan pohon pinus. "Kami berhasil memadamkan api setelah adanya bantuan pemadam kebakaran," terang Dadang.

Sekitar pukul 19.00 Wib malam (7/8/2024), Karhutla di kawasan penanjakan ini bisa dipadamkan, dan dilanjut dengan pembasahan hingga sekitar pukul 20.30 WIB. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gunung Bromo Terbakar BPBD Jatim Jawa timur Bromo Penanjalan bromo tosari bromo