Hiden Gems Eksotis di Tuban, Nomor 4 Penuh Misteri

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

17 Juni 2023 07:10 17 Jun 2023 07:10

Thumbnail Hiden Gems Eksotis di Tuban, Nomor 4 Penuh Misteri Watermark Ketik
Sumber mata air Krawak memiliki air yang jernih. (Foto: Instagram @nurinazzizah25_)

KETIK, JAKARTA – Tuban tidak hanya menyuguhkan wisata pantai yang menjajar dari ujung timur hingga barat. Sebetulnya wisata yang dimiliki Tuban tidak monoton pantai. Ada beberapa objek wisata religi yang salah satunya adalah makam Sunan Bonang.

Demikian juga dengan wisata alam lainnya bisa dijadikan opsi di akhir pekan ini. Toh jarak Surabaya ke Tuban diperkirakan 2-3 jam perjalanan darat. Setidaknya ada empat lokasi yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Berikut pilihannya:

Sumber Krawak

Puncak musim kemarau yang jatuh pada Juni hingga Agustus adalah momen tepat mengunjungi Sumber Mata Air Krawak. Sebab jalan menuju lokasi tidak becek dan sumber airnya tidak meluap.

Sesuai namanya, air di sumber ini sangat jernih dengan warna hijau kebiruan. Air itu keluar dari sumber yang ada di bebatuan. Airnya betul-betul menyegarkan dan sejuk. Cocok digunakan untuk berendam atau berenang di sekitar sumber.

Sumber mata air krawak berada di Desa Guwoterus, Kecamatan Montong, atau 30 km dari pusat kota. Jangan khawatir soal fasilitas. Di tempat ini terdapat kamar mandi, tempat duduk sampai warung makan sudah disediakan pengelola.

Air Terjun Nglirip

Nama aslinya adalah Air Terjun Putri Nglirip. Airnya sangat jernih dan berwarna hijau tosca, sangat cocok buat healing bareng keluarga. Sebelum sampai di lokasi Anda akan disuguhkan dengan cobaan. Apa itu? Trek menuju lokasi air terjun sangat berat. Jalannya sedikit menanjak dan berliku untuk mencapai air terjun.

Lokasi air terjun ini di Dusun Jojogan, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan. Namun ada pantangan yang harus dipatuhi. Pengunjung dilarang pacaran! Menurut cerita berturut warga, bila larangan dilanggar, pasangan bisa putus dalam tempo 40 hari.

Kisah itu bermula dari seorang putri cantik yang kerap mengambil air di lokasi air terjun. Sang putri marah bila melihat ada pasangan yang sedang pacaran. Itu sebabnya terdapat papan larangan pacarana di lokasi.

Sendang Beron

Wisata bahari lainnya yang bisa dikunjungi adalah Sendang Beron di Dusun Beron, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel. Sendang dalam Bahasa Jawa adalah sumber air. Sendang ini telah dijadikan sumber kehidupan warga setempat. Bahkan PDAM Tuban juga mengoptimalkan air dari Sendang Beron.

Foto Pesona Sendang Beron bisa untuk melihat sunset dan sunrise. (Foto: Instagram @sendangberon)Pesona Sendang Beron bisa untuk melihat sunset dan sunrise. (Foto: Instagram @sendangberon)

Keistimewaan sendang ini adalah air yang sangat jernih. Beberapa ikan air tawar seperti koi, tombro, dan sejenisnya bisa dijumpai dari permukaan sendang. Jika Anda lelah bisa istirahat di gazebo bambu di tepi sendang.

Wisata di sini telah dipercantik dengan pembangunan rumpun bambu oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) sejak September 2022. Bambu diketahui bisa menjaga air tanah. Anda juga bisa belajar sejarah religi terkait asal-usul Sendang Beron kepada warga.

Goa Ngerong

Tempat wisata terakhir di Bumi Ronggolawe adalah goa dengan ciri khas kelelawar. Tidak ada salahnya memilih Goa Ngerong untuk liburan akhir pekan. Di dalam goa terdapat sumber yang airnya sangat jernih dan dihuni beberapa ikan serta kura-kura.

Konon ikan dan kura-kura yang melimpah di dalam goa ini dikeramatkan masyarakat setempat. Hingga saat ini tidak banyak yang berani mengambil ikan maupun kura-kura. Banyak ceirta mistis di mata masyarakat terkait Goa Ngerong.

Salah satunya seorang putri yang bertapa hingga mokswa (menghilang). Tetapi sang putri dipercaya kerap muncul di sekitar goa mengenakan kebaya lengkap dengan selendang.

Ikan dan kura-kura di sekitar sungai diduga jelmaan seorang tumenggung dan putri cantik penghuni goa. Bila pengunjung mengambil ikan atau kura-kura, dipercaya bakal apes. (*)

Tombol Google News

Tags:

tuban wana wisata sendang beron Ronggolawe Krawak goa ngerong