Gelar Media Gathering, KPU Jatim Ajak Sosialisasikan Tahapan Pilgub Jatim 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Gumilang

17 Agustus 2024 08:30 17 Agt 2024 08:30

Thumbnail Gelar Media Gathering, KPU Jatim Ajak Sosialisasikan Tahapan Pilgub Jatim 2024 Watermark Ketik
Empat komisioner KPU Jatim memberikan sosialisasi tahapan Pilgub Jatim, Jumat (16/8/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim gelar Media Gathering dengan tema Sinergi Jurnalis dalam Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2024. Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi berharap bisa memberikan informasi terkait tahapan penyelenggaraan Pilgub Jatim 2024.

"Kita berupaya semaksimal mungkin bahwa pemilihan umum, bukan hanya urusan partai politik dan pasangan calon saja. Tapi juga merupakan hajat seluruh masyarakat Jawa Timur," kata Aang, Jumat (16/8/2024).

Sementara itu, Anggota KPU Jatim Divisi Sosdiklih Parmas, Nur Salam menjelaskan, KPU Jatim gencar mensosialisasikan Pilgub Jatim 2024 guna untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Pilgub Jatim 2024.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 yang dibagi ke dalam dua jalur. Jalur pertama diberangkatkan dari Kabupaten Sumenep, dan Jalur kedua dimulai dari Kabupaten Pacitan," terangnya.

Kirab Maskot Pilkada Serentak 2024 akan mengunjungi seluruh kabupaten/ kota yang ada di Jatim. Hingga akhirnya pada 12 Oktober 2024, kedua jalur kirab maskot tersebut akan bermuara di Kota Surabaya.

"Nanti akan berakhir di Surabaya pada 12 Oktober 2024 kita berkumpul. Jadi ada 38 maskot dari masing-masing kabupaten/kota dan satu maskot Pilgub Jatim Si Jalih," ujarnya.

Anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan, Choirul Umam menambahkan, tahapan Pilgub Jatim paling dekat yang akan dilalui adalah pendaftaran pasangan calon yang dilaksanakan pada 27 hingga 29 Agustus 2024. Sejauh ini, kata Umam, belum ada perwakilan dari bakal pasangan calon yang menjalin komunikasi dengan KPU Jatim terkait pencalonan.

Namun demikian, pihaknya terus berkomunikasi dengan partai politik yang menjadi pengusung bakal pasangan calon. KPU Jatim, kata Umam, terus mensosialisasikan kepada partai politik, utamanya terkait syarat-syarat pencalonan.

"Sampai hari ini belum ada LO Paslon yang berkomunikasi soal pencalonan ini. Jadi kita masih berkomunikasinya dengan partai politik. Kita sosialisasi ke partai politik," ucapnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilgub Jatim 2024 Pemilihan Gubernur KPU Jatim Jawa timur