Dishub Jatim Akan Luncurkan Trans Jatim Luxury, Hadirkan 2 Aplikasi Penunjang

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

8 Agustus 2024 15:30 8 Agt 2024 15:30

Thumbnail Dishub Jatim Akan Luncurkan Trans Jatim Luxury, Hadirkan 2 Aplikasi Penunjang Watermark Ketik
Kepala Dishub Jatim Nyono, Kamis (8/8/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim akan meluncurkan Trans Jatim Luxury dengan  mempersiapkan dua aplikasi tambahan sebagai penunjang operasional. Yakni Aplikasi Traffic Priority Trans Jatim dan Aplikasi Peningkatan Keselamatan di Google Maps.

Keduanya akan diluncurkan bersama koridor Gresik-Lamongan dan Luxury Koridor I (Sidoarjo – Surabaya – Gresik). "Untuk koridor Gresik-Lamongan dan Luxury I rencana dilaunching dalam waktu dekat,” ujar Kepala Dishub Jatim Nyono kepada Ketik.co.id, Kamis (8/8/2024).

Aplikasi tersebut untuk penunjang keamanan seperti sebagai sarana dalam memberikan peringatan bagi pengguna Bus Trans Jatim ketika melewati traffic light, perlintasan kereta api, maupun daerah rawan kecelakaan dengan munculnya indikator lampu kedap-kedip berwarna kuning di aplikasi Google Maps.“Khusus untuk aplikasi TransJatim-Ajaib, di Google Maps-nya ada tambahan menu tersebut,” kata Nyono.

Foto Kepala Dishub Jatim Nyono, Kamis (8/8/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Kepala Dishub Jatim Nyono, Kamis (8/8/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

Ia berharap aplikasi ini semakin mendorong kenyamanan masyarakat. "Semoga masyarakat Jawa Timur yang memanfaatkan moda transportasi Bus Trans Jatim semakin senang," ungkapnya.

Sementara terkait armada baru bertajuk Luxury Trans Jatim, Nyono menjelaskan angkutan ini lebih menyasar kalangan menengah ke atas. Tahap awal rencananya akan melayani rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik PP atau rute Koridor 1. Karena load factor dari koridor tersebut sudah di atas 130 persen.

Karena tipe luxury, lanjut Nyono, maka tarifnya lebih mahal. Yakni Rp20 ribu. Adapun bus yang digunakan adalah bus ukuran 3/4 hingga bus besar dengan fasilitas setara bus patas.Jam operasional bus Luxury Trans Jatim sudah diatur. Nantinya armada akan beroperasi pada jam-jam sibuk. (*)

Tombol Google News

Tags:

Trans Jatim Luxury 2 Aplikasi trans Jatim Dishub Jatim Jawa timur Trans Jatim Koridor Gresik-Lamongan