Coblosan Ulang 5 TPS di Kabupaten Malang Sepi

Jurnalis: Gumilang
Editor: Muhammad Faizin

23 Februari 2024 13:42 23 Feb 2024 13:42

Thumbnail Coblosan Ulang 5 TPS di Kabupaten Malang Sepi Watermark Ketik
Suasana TPS di Senggreng, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang terpantau sepi saat PSU. (Foto : Gumilang/ketik.co.id).

KETIK, MALANG – Sebanyak 5 TPS di Kabupaten Malang melalukan coblosan ulang, Jumat, (23/2/2024). Pelaksanaan coblosan ulang atau Perhitungan Suara Ulang (PSU) terpantau sepi. Antusiasme masyarakat terlihat rendah mengikuti PSU.

Kelima TPS di Kabupaten Malang yang melakukan PSU yakni di TPS 2, TPS 4, TPS 16 Desa Senggreng, kemudian TPS 3 Desa Bendosari dan TPS 4 Desa Sekarpuro.

Antusiasme masyarakat yang rendah saat PSU, seperti terpantau di tiga TPS Desa Senggreng, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Tidak banyak masyarakat yang menggunakan hak suaranya pada saat coblos ulang tersebut.

Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan pelaksanaan PSU di 5 TPS Kabupaten Malang berjalan lancar. Ia memastikan tidak akan ada lagi penyusup yang akan memilih di kelima TPS hari ini.

"Saya memantau di TPS 2 Desa Senggreng, tapi sejauh ini tidak ada masalah. Kita bisa lihat (antusiasme pemilih) nanti saat susah penghitungan. Sejauh ini di TPS 2 ini sudah sekitar 140 orang yang memilih," ujarnya.

Ia juga memastikan jika logistik untuk PSU hari ini aman. Ia mengatakan jika jumlah surat suara sudah dipersiapkan sejak awal cadangannya. "Cadangan surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) sudah dipersiapkan 1.000 surat surat cadangan," sebutnya.

Dika sapaan akrabnya mengungkapkan jika kejadian masukkan pemilih bukan DPT ke 5 TPS terhadap saat ada pemilih dari luar kota yang hanya membawa KTP dan belum mengurus pindah pemilih. Kemudian dilayani dan diberikan surat suara oleh petugas KPPS.

"Kita mengetahui ini ketika ada rekapitulasi di tingkat kecamatan. Ada saran dari Bawaslu kemudian kita temukan memang saat rekapitulasi. Sehingga kita tidak lanjuti dengan melakukan PSU tanggal 23 Februari 2024," bebernya.

Selama Dua hari, kata ia, KPU Kabupaten Malang melakukan persiapan untuk PSU hari ini, mulai dari logistik dan petugas KPPS sudah membagikan surat pemberitahuan.

Sehingga hari ini didapatkan proses pemungutan suara ulang. Ia juga memastikan tidak ada lagi pemilih luar daerah yang mencoblos di 5 TPS itu. Seperti diberitakan ketik.co.id sebelumnya, Coblosan ulang dilakukan di 5 TPS Kabupaten Malang, karena terdapat pemilih dari luar daerah turut mencoblos pada Pemilu 2024(*)

Tombol Google News

Tags:

Coblosan Ulang PSU Kabupaten Malang KPU pemilu2024 Pemilu