Cara Merebus Labu Siam Agar Bebas dari Getah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

11 Maret 2024 01:15 11 Mar 2024 01:15

Thumbnail Cara Merebus Labu Siam Agar Bebas dari Getah Watermark Ketik
Ilustrasi Labu Siam. (Foto: Shutterstock)

KETIK, JAKARTA – Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi bahkan asam urat.

Selain itu labu siam juga dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Dalam pengolahannya labu siam paling tepat dimasak dengan cara direbus. Hal ini karena labu siam sudah memiliki rasa yang manis, empuk dan ringan sehingga enak dimakan tanpa tambahan bahan apapun.

Bahkan labu siam rebus sering dijadikan menu penurun berat badan bagi yang menjalankan program diet karena labu siam rebus rendah kalori dan lemak. berikut ini kami ulas cara merebus labu siam yang benar, agar kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga.

1. Pilih Labu Siam Muda

Hal pertama yang harus dilakukan pilihlah labu siam yang muda. Hal ini karena labu siam muda memiliki rasa yang manis dan tidak terlalu keras sehingga waktu merebusnya pun memerlukan waktu yang sebentar.

Berbeda dengan labu siam tua yang cenderung lebih keras, lebih berserat dan lebih bergetah. Belum lagi rasanya juga lebih tawar sehingga kurang enak untuk dimakan.

2. Bersihkan getahnya

Sebelum direbus, potong labu siam menjadi dua lalu taburi garam kemudian gosokkan keduanya untuk membersihkan getahnya. Getah labu siam harus dibersihkan karena sifatnya yang lengket dan juga gatal.

3. Rendam dalam Air

Setelah dibersihkan dari getahnya, rendam potongan labu siam didalam air selama 30 menit. Hal ini berguna untuk mengeluarkan sisa-sisa getah yang masih menempel. Setelah itu labu siam bisa dikupas hingga bersih.

4. Remas dengan Garam

Usai direndam dan dikupas, labu siam kemudiam dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil, setelah itu ditaburi garam kembali. Kemudian remas-remas hingga benar-benar bebas getah. 

5. Rebus dalam Air Mendidih

Usai dipastikam bersih dari getah, rebus air hingga mendidih terlebih dahulu. Setelah itu masukkan potongan labu siam ke dalam air mendidih. Rebus hingga empuk kemudian tiriskan.(*)

Tombol Google News

Tags:

sayuran labu siam pengolahan nutrisi bebas getah merebus