Bukan Khas Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi dan Istri Malah Kenakan Pakaian Adat Palembang di Upacara HUT ke-79 RI

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

17 Agustus 2024 05:21 17 Agt 2024 05:21

Thumbnail Bukan Khas Surabaya, Wali Kota Eri Cahyadi dan Istri Malah Kenakan Pakaian Adat Palembang di Upacara HUT ke-79 RI Watermark Ketik
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Istrinya Rini Indriyani tampil serasi dengan mengenakan pakaian adat Palembang Paksangko (17/8/2024) (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pada Upacara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia yang digelar di Balai Kota Surabaya, Sabtu (17/8/2024), Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama sang istri Rini Indriyani mengenakan pakaian adat Palembang Paksangko.

Keduanya tampil serasi dan mewah dengan balutan pakaian adat asal Palembang Sumatera Selatan tersebut.

Pada penampilan kali ini Eri Cahyadi tampak gagah dengan mengenakan baju kurung dengan motif bunga emas dipadu dengan kain songket bermotif geometris dan sebuah songkok emas yang dikenakan di kepala.

Sementara itu Rini Indriyani yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Surabaya, tampak cantik dengan pakaian bermotif serupa berwarna merah marioon lengkap dengan teratai penutup dada dan mahkota Aesan Paksangko yang memiliki motif bunga teratai dan mawar.

Penampilan Rini tampak semakin anggun dengan aksesoris penutup kepala berwarna emas.

Motif bunga teratai bermakna bahwa laki-laki maupun perempuan mesti memiliki rasa kesabaran dan ketabahan hati dalam hal apapun. Sementara itu bunga mawar melambangkan kesucian dan kekeluargaan.

Sedangkan songket bermotif geometris abstrak murni berarti keramahan, ketertiban, dan saling menghormati sesama masyarakat Palembang.

Aksesoris dan perlengkapan pakaian adat ini mendapatkan pengaruh dari kebudayaan lain termasuk Jawa, Cina, dan Arab.

Pakaian ada ini umumnya digunakan dalam beberapa acara penting, seperti upacara pernikahan dan acara-acara adat yang lain.

Pakaian ini melambangkan kebesaran dan keanggunan karena pemakaiannya yang dilakukan pada hanya momen penting.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Pakaian Adat Palembang HUT Kemerdekaan RI ke-79 Upacara HUT Kemerdekaan Surabaya Rini Indriyani Pakaian Adat Palembang Sumatera Selatan