Bikin Mudah Kantuk, Makanan ini Memiliki Efek Menenangkan Tubuh

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

31 Agustus 2023 22:00 31 Agt 2023 22:00

Thumbnail Bikin Mudah Kantuk, Makanan ini Memiliki Efek Menenangkan Tubuh Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Setiap asupan makanan yang kita konsumsi memiliki dampak terhadap kondisi tubuh kita. Dampak ini tentu berbeda tiap orang tergantung respon tubuhnya terhadap kandungan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Seperti yang kita ketahui, beberapa makanan memiliki efek menenangkan atau menimbulkan kantuk.

Makanan tersebut sangat cocok dikonsumsi bagi orang yang mengalami gangguan kecemasan atau stres. Berikut ini kami uraikan beberapa makanan yang mempunyai efek menenangkan bagi tubuh.

1. Nasi

Siapa yang tidak kenal dengan nasi? Rasanya semua orang Indonesia pasti familiar dengan makanan pokok ini. Seperti yang kita tahu jika nasi mengandung indeks glikemik yang tinggi, hal ini akan membuat kamu cepat mengantuk, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

2. Kacang Almond

Kacang-kacangan merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki manfaat baik bagi tubuh, tidak terkecuali kacang almond. Kacang ini memiliki kandungan magnesium dan protein yang batu menyetabilkan gula darah pun kolesterol. Kacang almond akan membuat siapa saja yang mengkonsumsinya rentan mengantuk.

Foto Pisang. (Foto: Pixabay)Pisang. (Foto: Pixabay)

3. Buah Pisang

Pisang merupakan buah khas daerah tropis yang kaya akan kandungan potassium dan magnesium. Kandungan ini memiliki efek menenangkan otot-otot tubuh sehingga membuat seseorang rentan mengantuk usai mengkonsumsinya.

4. Ikan Tuna dan Salmon

Seperti halnya olahan seafood kedua ikan ini mengandung protein dan lemak sehat yang mampu mencegah dan mengurangi kecemasan. Sehingga orang mengkonsumsi ikan ini akan memiliki pikiran yang lebih bahagia dan tentu saja akan berujung pada rasa kantuk.

5. Ubi

Jika kamu merupakan orang yang susah tidur di malam hari, ada baiknya mulai mengkonsumsi ubi. Ubi dipercaya sebagai salah satu makanan yang bersifat menenangkan, bantu tidur makin nyenyak serta berkualitas. Mengkonsumsi ubi akan membantu memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik.(*)

Tombol Google News

Tags:

makanan kantuk Menenangkan Kualitas tidur Kecemasan stress