Sasar Pemilih Gen Z, KPU Jatim Gandeng Influencer

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

28 September 2024 16:45 28 Sep 2024 16:45

Thumbnail Sasar Pemilih Gen Z, KPU Jatim Gandeng Influencer Watermark Ketik
Influencer dari WePro Communication dan KPU Jatim berfoto bersama usai sosialisasi Pilkada serentak 2024, Sabtu, 28 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sasar pemilih dari kalangan Gen Z, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur gandeng influencer untuk sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Puluhan influencer di bawah naungqn WePro Communication mengikuti sosialisasi untuk sama-sama mengajak masyarakat Jatim untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyuarakan suaranya.

 

Foto Kasubag Parmas KPU Jatim, Prahastiwi Kurnia Sitorusmi saat sosialisasikan Pilkada serentak kepada influencer, Sabtu, 28 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)Kasubag Parmas KPU Jatim, Prahastiwi Kurnia Sitorusmi saat sosialisasikan Pilkada serentak kepada influencer, Sabtu, 28 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)



"Kami ajak influencer ini agar generasi Z atau Gen Z mau untuk datang ke TPS menyuarakan pilihannya untuk pimpinan kepada daerah yang mereka pilih di tanggal 27 November 2024," terang Kasubag Parmas KPU Jatim, Prahastiwi Kurnia Sitorusmi, Sabtu, 28 September 2024.

Saat disinggung kenapa memilih target Gen Z, KPU Jatim menilai banyak generasi Z ini yang baru pertama kali ikut dalam Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. "Jadi kami menggugah rasa kepedulian kepada bangsa ini dengan menyalurkan suaranya agar tidak golput," ucap wanita yang akrab disapa Tiwi ini.

Tiwi mengaku langkah ini dilakukan KPU Jatim mengingat banyak anak muda hingga dewasa bermain sosial media. Dengan kegemaran itu, maka KPU Jatim memanfaatkan teknologi yang ada.

"Jadi influencer ini agen-agen dari KPU Jatim untuk sosialisasi adanua pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Timur," bebernya.

Meskipun begitu, KPU Jatim juga bergerak secara door to door untuk bertemu dengan masyarakat untuk datang ke TPS tanggal 27 November 2024. "Kami mengajak semua untuk semua agar tidak ada angka golput dalam pilkada serentak 2024," ucapnya.

Tiwi menjelaskan jika partisipasi Gen Z di Pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) lalu cukup tinggi dengan 80 persen pemilih. "Jadi kami berharapnya jumlah pemilihnya bisa lebih dari Pilpres dan Pemilu lalu," ucapnya.

Sementara itu, CEO dan Founder WePro Communication Grace Mamahit mengaku senang dengan digandeng dengan KPU Jatim untuk bisa sosialisasikan Pilkada serentak di Jawa Timur. Memiliki ratusan influencer membuat WePro yakin bisa mengajak generasi Z untuk bisa menyalurkan suara mereka ke TPS.

"Setidaknya tidak ada golput karena dari influencer ini akan mengajak pengikutnya untuk menyuarakan suara mereka di Pilkada serentak 2024," ucapnya.

Selama melakukan sosialisasi Influencer ini tetap melakukan kampanye damai untuk datang ke TPS memyuarakan suara melalui media sosial. "Jadi mereka hanya mengajak masyarakat untuk datang ke TPS dan salurkan suara mereka untuk pemimpin yang mereka pilih," pungkas Grace. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Jatim Sosialisasi Pilkada serentak Influencer Jawa Timur Pilgub Jatim 2024 Jawa timur Pilkada 2024