Berusia di Atas 40 Tahun, Hindari Olahraga ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

2 Agustus 2023 22:02 2 Agt 2023 22:02

Thumbnail Berusia di Atas 40 Tahun, Hindari Olahraga ini Watermark Ketik
Orang lanjut usia sedang melakukan yoga. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA –  Olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan bagi tubuh. Namun perlu diketahui jika tidak semua olahraga dapat dilakukan terutama bagi orang yang berusia 40 tahun ke atas. Pada usia 40 tahun seseorang perlu memperhatikan kebiasaan olahraganya. Tujuannya untuk meminimalisir terjadi cedera.

Hal ini karena semakin tua usia maka kekuatan, keseimbangan dan daya tahan tubuh juga semakin berkurang. Walaupun memang ketiga hal tersebut dapat dilatih secara perlahan sejak masih muda namun tetap ada beberapa jenis olahraga yang harus dihindari karena beresiko merusak tubuh.

1. Pilometrik

Pilometrik adalah olahraga yang menggunakan kecepatan dan kekuatan untuk membangun otot. Olahraga ini melibatkan gerakan kasar pada persendian, salah satunya tulang belakang.

Gerakan inilah yang dikhawatirkan dapat menyebabkan cedera bagi mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Sebaliknya, untuk menjaga persendian di bagian lutut, pinggul, hingga tulan belakang, mereka yang berusia lebih dari 40 tahun bisa memilih olahraga seperti jalan kaki, jogging, atau yoga.

2. Sprint

Seperti namanya lari cepat atau sprint adalah olahraga yang menggunakan kekuatan dengan berlari secepat mungkin pada interval tertentu. Bagi orang dengan usiai 40 tahun ke atas olahraga ini tentu sangat berisiko karena dapat menyebabkan cedera. Mungkin sebagai gantinya anda dapat melakukan jogging atau jalan cepat.

3. Crunch dan sit up

Pada mereka yang berusia lebih dari 40 tahun, tulang belakang akan lebih rentang terkena cedera. Oleh sebab itu, latihan sit-up tidak disarankan bagi mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Sebab, gerakan sit-up memberikan tekanan yang bersar pada leher dan punggung bawah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Olahraga kesehatan Resiko cedera Lanjut usia gaya hidup