Bertemu Wagub Emil, Prancis Bahas Kerja Sama Ekonomi hingga Fashion

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

16 Oktober 2023 21:34 16 Okt 2023 21:34

Thumbnail Bertemu Wagub Emil, Prancis Bahas Kerja Sama Ekonomi hingga Fashion Watermark Ketik
Wagub Emil dan Dubes Prancis Febian Panone, saat membahas kerja sama di Gedung Negara Grahadi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menerima kunjungan Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Febian Panone di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (16/10/2023).

Pertemuan tersebut membahas  kerja sama di beberapa bidang. Seperti kebudayaan, pariwisata, ekonomi, pendidikan hingga fashion. 

"Melalui pertemuan ini saya berharap kedepan akan semakin banyak kerja sama yang bisa di jalin. Salah satu yang menjadi perhatian adalah fashion. Karena seperti kita tahu Kota Paris merupakan kiblat fashion dunia," jelas Emil saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Senin (16/10/2023).

Emil menambahkan kekayaan budaya Indonesia salah satunya kain tradisional memiliki potensi untuk dikembangkan lebih jauh di dunia internasional. Oleh sebab itu kerja sama di bidang fashion bersama Prancis dipercaya dapat menaikkan pamor kain tradisional Indonesia ke kancah dunia.

Foto Wagub Emil dan Dubes Prancis Febian Panone saat memberikan keterangan pada awak media. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Wagub Emil dan Dubes Prancis Febian Panone saat memberikan keterangan pada awak media. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

"Indonesia punya banyak kain tradisional yang dapat dikembangkan lebih jauh di industri fashion. Terutama kain khas Jawa Timur," tambah Emil.

Selain di bidang fashion, Prancis tertarik untuk bekerja sama di bidang pendidikan terutama terkait SMK. Dikarenakan SMK yang berorientasi pada kompetensi dapat menjawab kebutuhan di dunia kerja. Terutama di bidang perhotelan di mana banyak jaringan hotel Prancis yang beroperasi di seluruh dunia.

"Prancis juga tertarik pada SMK terutama di bidang hotelier, di mana banyak pelaku hotel di Jawa Timur yang terafiliasi dengan jaringan hotel di Prancis. Ini bisa menjadi kesempatan bagi murid SMK," katanya.

Sementara itu Duta Besar Prancis untuk Indonesia Febian Panone menuturkan Prancis saat ini menggencarkan kerja sama dengan Indonesia terutama Provinsi Jawa Timur. Dirinya bahkan secara rutin akan mengunjungi Kota Surabaya untuk meninjau kerja sama yang dibahas sebelumnya.

"Tujuan kami datang ke sini untuk memperdalam kerja sama dengan Jawa Timur dan Kota Surabaya Khususnya. Nanti secara berkala saya akan mengunjungi Surabaya agar kerja sama yang terjalin bisa berjalan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Prancis Jawa timur kerja sama Ekonomi Pendidikan fashion SMK Kain Tradisional Gedung Negara Grahadi