Bersiap Hadapi Porprov 2023, Garuda Jalakaca Shooting Club Tingkatkan Latihan

Jurnalis: Josef Abrijanto
Editor: Irwansyah

8 Februari 2023 07:13 8 Feb 2023 07:13

Thumbnail Bersiap Hadapi Porprov 2023, Garuda Jalakaca Shooting Club Tingkatkan Latihan Watermark Ketik
Pengukuhan Pengurus Garuda Jalakaca Shooting Club (GJSC). (Foto: Dok. GJSC for Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Menjelang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2023 dari cabor menembak terus meningkatan kualitas kemampuan atlet-atlet dengan menggencarkan latihan.

Tujuannya, cabor menembak dapat mencapai target prestasi juga perolehan medali. Keberhasilan prestasi atlet pada cabor ini, tentunya tidak lepas dari pembinaan dan agenda pelatihan diantaranya dari klub atau komunitas dimana para atlet menembak ini bernaung.

Garuda Jalakaca Shooting Club (GJSC) adalah klub atau komunitas wadah untuk menyalurkan hobi, pembibitan dan peningkatan prestasi atlet pada olahraga menembak di area Surabaya dan Jawa Timur. GJSC terus berbenah dan meningkatkan kualitas dalam pelatihan, pembinaan dan koordinasi.

Selain bersama anggota shooting club, GJSC juga intens berkoordinasi para mitra serta institusi juga organisasi seperti Perbakin (sebagai organisasi induk cabang olah raga menembak), FKPPI, KBPPAL, Kadin dan lainnya yang dapat mendukung dan berkontribusi untuk kemajuan dan kualitas olahraga menembak baik untuk pemula (beginner) maupun yang telah profesional, baik untuk hobi maupun untuk peningkatan skill kepada internal anggota, atlet maupun masyarakat umum.

Foto Latihan Para Anggota GJSC di Lapangan Tembak PuspenerbalLatihan Para Anggota GJSC di Lapangan Tembak Puspenerbal.

Untuk diketahui, sejarah berdirinya Garuda Jalakaca Shooting Club (GJSC) resmi dikukuhkan sebagai wadah penghobi olahraga menembak. Selain menjaring penghobi pemula juga ditargetkan untuk wadah lahirnya bibit-bibit unggul yang nantinya bisa menjadi atlet tembak hobi atau berburu yang profesional yang bisa mengangkat nama Kota Surabaya dan Jawa Timur untuk kejuaraan menembak tingkat nasional dan internasional.

Pengukuhan GJSC saat itu dilakukan di Aula Puspenerbal Lanudal Juanda, pada tanggal 7 November 2020 dirangkai dengan pengesahan oleh Perbakin Pengurus Kota (Pengkot) Surabaya yang diwakili oleh Sekretaris Lik Antono. 

Ketua Dewan Pembina GJSC, yang waktu itu sebagai Komandan Puspenerbal Juanda, Laksamana Muda TNI Edwin, Dewan Pembina yakni Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut M Tohir, Pembina Harian Mayor Laut Pur P. Tamba, Ketua Umum GJSC Dicky Andrian serta dari jajaran pengurus lainya serta para tamu undangan.

Klub Menembak GJSC telah berdiri bulan Juli 2020, dan secara resmi telah disahkan oleh Notaris Siska Febiana S.H, M.Kn pada 1 September 2020, dan SK KemenKumHam dengan No. AHU-007608.AH.1.07 Tahun 2020 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Klub Menembang Garuda Jalakaca serta induk organisasi olahraga menembak Perbakin kota Surabaya melalui SKEP No 21/KPKPS/IX/2020 tentang Rekomendasi Pendirian Garuda Jalakaca Shooting Club.

Saat acara Pengukuhan berdirinya GJSC di tahun 2020 lalu dari Ketua Pengkot Perbakin Surabaya, yang diwakili oleh Lik Antono, menyampaikan sebagai organisasi perkumpulan grup menembak, GJSC telah memenuhi dan lolos dalam persyaratan umum pendirian club menembak dibawah binaan Perbakin Pengkot Surabaya.

“Mudah-mudahan dengan berdirinya club baru ini dapat mengimplementasikan tujuan serta visi dan misi Perbakin sebagi induk organisasi menembak nasional di Indonesia,” kata Lik Antono.

Selanjutnya, Ketua Dewan Pembina GJSC Laksamana Muda TNI Edwin, SH, M.Han. menjelaskan, pengukuhan grup menembak merupakan sebuah momen yang sangat baik, dalam pembinaan olahraga menembak khususnya di Surabaya.

“Dengan dikukuhkannya GJSC oleh Perbakin Pengkot Surabaya ini akan menambah tumbuh kembangnya serta diharapkan akan menghasilkan atlet-atlet yang akan mengukir prestasi baik nasional dan internasional. Sebagai ketua dewan pembina saya berharap warga penembak mampu membumi dan dikenal secara luas di masyarakat. Serta peran ini mampu dimainkan oleh Garuda Jalakaca Shooting Club. Kedepannya juga harus berperan serta mampu membina dan melahirkan atlet-atlet yang berprestasi dikancah nasional dan internasional,” kata Edwin.

Puspenerbal dalam hal ini melalui Lanudal Juanda telah memberikan fasilitas lapangan tembak dan diharapkan GJSC dapat menjaga serta merawat sebaik-baiknya.

Selanjutnya, Ketua Umum GJSC, Dicky Andrian dalam sambutannya menegaskan bahwa dukungan serta arahan yang terus menerus sangat diharapkan sebagai motivasi bagi dirinya serta anggota lainnya, untuk memajukan olahraga menembak ini menuju prestasi yang membanggakan.

“Saya berharap ini mnjadi motivasi utama kami untuk terus menggepakkan sayap terbang tinggi meraih prestasi. Wadah GJSC ini telah melakukan pembinaan dan pengembangan aktifitas dan kreatifitas anggota menuju prestasi yang telah melalui tiga bidang, yakni Bidang Pemburu, Bidang Reaksi dan Bidang Sasaran,” kata Dicky.

Garuda Jalakaca Shooting Club (GJSC) sebagai wadah olahraga yang tidak mengenal batasan usia, berpusat di kota Pahlawan Surabaya yang membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia untuk bergabung menyalurkan hobi sekaligus membina agar dapat menjadi wadah kawah Candradimuka bagi pembibitan calon atlet petembak Lokal, Regional, Nasional bahkan Internasional dalam meraih prestasi dimasa depan.

GJSC memiliki visi mewujudkan prestasi di bidang menembak melalui pembinaan yang terukur, kebersamaan dan menjaga soliditas klub.

Untuk mencapai visi tersebut, GJSC merinci 5 misi. Pertama, melaksanakan kegiatan olahraga menembak secara sistematis dan terukur. Kedua, menyelenggarakan pelatihan dan kejuaraan menembak.

Ketiga, menyediakan sarana informasi, komunikasi dan edukasi. Keempat, menyediakan sarana penunjang berlatih dan kejuaraan kejuaraan lokal/regional/nasional/internasional. Kelima, menjalin kerjasama dengan organisasi kepemudaan dan keolahragaan lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Olahraga Menembak Shooting club Porprov Jatim Lapangan Tembak Puspenerbal Garuda Jalakaca Shooting Club GJSC GJSC PERBAKIN FKPPI KBPPAL Porprov Jatim 2023