SEMESTA Kembali Hadir, Beasiswa Kuliah IT Gratis dari SEVIMA, Buruan Daftar!

Jurnalis: Josef Abrijanto
Editor: M. Rifat

13 April 2023 23:53 13 Apr 2023 23:53

Thumbnail SEMESTA Kembali Hadir, Beasiswa Kuliah IT Gratis dari SEVIMA, Buruan Daftar! Watermark Ketik
Pengumuman Beasiswa SEMESTA dari SEVIMA untuk siswa berprestasi di bidang IT. (Foto: Dok. Sevima)

KETIK, SURABAYA – Kebutuhan tenaga kerja bidang teknologi saat ini sangat tinggi. Kementerian Perindustrian mencatat pada 2030 dibutuhkan 17 juta tenaga terampil digital. Sedangkan talenta digital yang tersedia di Indonesia sekarang baru berkisar 600 ribu orang.

Karena itu, dalam rangka mendukung generasi muda terbaik bangsa meraih peluang kerja di bidang teknologi, SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama) kembali mengadakan program beasiswa SEVIMA Mencari Siswa Bertalenta (SEMESTA) tahun 2023.

Beasiswa ini memberikan kesempatan kuliah gratis S1 di bidang IT untuk 25 orang, serta kesempatan kerja dan langsung mendapat gaji tiap bulan.

Pogram beasiswa tahun ini menandakan sudah genap lima tahun SEVIMA turut andil memajukan pendidikan melalui Beasiswa SEMESTA. Beasiswa ini juga menjadi salah satu event tahunan yang ditunggu-tunggu.

Tercatat, pendaftar tahun lalu mencapai 3.000 orang dan diluncurkan beberapa menteri dan pejabat tinggi negara.

"Beasiswa SEMESTA adalah event tahunan yang sangat ditunggu dunia pendidikan, dan bisa diikuti seluruh siswa lulusan SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia. Para talenta terpilih nantinya akan mendapatkan full scholarship (beasiswa penuh selama S1) sekaligus untuk peserta terbaik akan program mentoring skill dari SEVIMA selama 4 tahun dan digaji setiap bulannya," kata Sugianto Halim, CEO SEVIMA dalam peluncuran Beasiswa SEMESTA, Rabu (12/04).

Beasiswa SEMESTA akan berkuliah jurusan IT di perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan SEVIMA. Salah satunya Binus University.

SEVIMA merupakan perusahaan di bidang education technology (edutech). Pendirinya adalah sekelompok mahasiswa teknik di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Foto Pimpinan/ CEO Sevima, Bapak Sugianto Halim (paling kanan) Memberikan Beasiswa  SEMESTA Hingga Lulus Kuliah , Sekaligus  Bisa Diberikan Gaji dan  Pekerjaan Untuk siswa/i yang berpestasiCEO Sevima Sugianto Halim (paling kanan) memberikan Beasiswa SEMESTA 2022. (Foto: Dok Sevima)

Mimpi besar SEVIMA adalah terciptanya pemerataan pendidikan di Indonesia yang diwujudkan dengan membangun sebuah inovasi layanan sistem akademik terbaik di Indonesia yakni “SEVIMA Platform”. Saat ini SEVIMA telah digunakan lebih dari 800 perguruan tinggi dan lebih dari 3 juta mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia.

Pendaftaran Beasiswa SEMESTA berlangsung hingga 7 Juni 2023 mendatang. Berikut syaratnya:

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Berminat belajar dan berkarier di bidang IT

- Siswa kelas XII atau lulusan SMA/SMK/MA angkatan 2020-2022

- Tidak terikat dengan kontrak beasiswa lain

- Bersedia ditempatkan di Surabaya

- Mengisi formulir pendaftaran 7 Juni 2023

- Memilih salah satu dari empat kualifikasi terkait IT yang tersedia di Beasiswa SEMESTA, diantaranya: Programmer, Designer, Support, dan System Administrator.

Berikut waktu pelaksanaan beasiswa SEMESTA:

1. Pendaftaran via website : 03 Maret – 07 Juni 2023

2. Computer Based Test (CBT) : 17 – 18 Juni 2023

3. Hackathon : 24 – 25 Juni 2023

4. Pengumuman lolos seleksi : 01 Juli 2023

5. Presentasi dan wawancara : 08 Juli 2023

6. Puncak acara : 09 Juli 2023

Seleksi dilakukan dalam tiga tahap: administratif, CBT, dan Hackaton. Pada tahap pertama, seleksi administratif memastikan peserta sesuai dengan persyaratan yang tersedia.

Pada tahap kedua, SEVIMA menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) atau Tes Berbasis Komputer. Tes dilakukan secara online dan bisa dikerjakan dari rumah, namun dengan sistem keamanan yang terjamin. Setelah mengerjakan tes, nilai juga langsung muncul di layar komputer.

Sementara tahap terakhir, yaitu  hackathon beserta presentasi dan wawancara, memberi kesempatan para peserta menunjukkan kebolehannya di bidang IT selama sehari penuh dan beruntun. Sesuai dengan asal namanya, yaitu gabungan dari kata “hack” dan “marathon”

Segera persiapkan dan daftarkan diri kamu melalui https://maukuliah.id/beasiswa-semesta. (*)

Tombol Google News

Tags:

Beasiswa Semesta SEVIMA Siswa Berprestasi akademisi Kuliah Gratis Mendapat Gaji Edutech Informasi Teknologi beasiswa SDM bidang IT. Era Digital