Atasi Gejolak Harga Pangan, Pemkot Mataram Salurkan 392,3 Ton Bantuan Pangan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

6 Februari 2024 10:00 6 Feb 2024 10:00

Thumbnail Atasi Gejolak Harga Pangan, Pemkot Mataram Salurkan 392,3 Ton Bantuan Pangan Watermark Ketik
Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman saat melepas penyaluran bapang untuk masyarakat Kota Mataram. (Foto: Diskominfo Kota Mataram)

KETIK, MATARAM – Pemerintah Kota Mataram resmi salurkan bantuan pangan sebanyak 382,3 ton untuk 38.203 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Program ini merupakan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang akan disalurkan ke 50 kelurahan di enam kecamatan.

Wakil Wali Kota Mataram, TGH Mujiburrahman menyampaikan apresiasi terhadap diluncurkannya program ini. Bantuan pangan ini nantinya dapat membantu mengurangi beban masyarakat, dan menanggulangi gejolak kenaikan harga bahan pangan yang saat ini cukup meresahkan masyarakat.

“Kita bersyukur program CPP untuk Kota Mataram tahun 2024 sebanyak 38.203 keluarga penerima manfaat, setara dengan beras sebanyak 382,3 ton yang hari ini akan disalurkan," jelasnya di depan Kantor Wali Kota Mataram, Senin (05/02/2024).

Terkait penyaluran, dirinya meminta untuk dikawal sebaik mungkin agar bisa sampai kepada penerima dengan baik. Terutama para lurah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat agar mengawal penyaluran ini sesuai dengan data yang sudah ada. 

"Mohon teknis penyaluran ini agar sampai kepada kelompok penerima manfaat harus diupayakan dengan sebaik-baiknya. Terutama para lurah agar mengawal sesuai dengan data yang dimiliki," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Plt Kepala Perum Bulog Kantor Wilayah NTB, Ismed Erlando menyampaikan bahwa bantuan oanvan merupakan salah satu upaya pemerintah pusat untuk mengatasi gejolak kenaikan bahan pangan di pasaran. 

Penyaluran bantuan diharapkan akan mampu mengendalikan harga pangan agar dapat kembali normal sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat luas.

“Jadi memang pengalaman tahun lalu sudah terlihat bahwa di saat bulan-bulan tidak ada penyaluran Bapang maka kecenderungan harga untuk naik itu tinggi sekali," tuturnya

"Melihat hal tersebut pemerintah pusat pun menyalurkan bantuan agar harga kembali normal," imbuhnya.

Bantuan Pangan Tahun 2024 ini akan dilaksanakan selama enam bulan dan akan dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama pada bulan Januari hingga Maret dan tahap kedua pada bulan April hingga Juni 2024.(*)

Tombol Google News

Tags:

Bantuan Pangan Pemkot Mataram Perum Bulog Pemerintah pusat Kenaikan Harga Pangan