ART Asal Trenggalek Nekat Curi Uang dan Perhiasaan Majikan untuk Pengobatan Suami

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

30 November 2023 15:58 30 Nov 2023 15:58

Thumbnail ART Asal Trenggalek Nekat Curi Uang dan Perhiasaan Majikan untuk Pengobatan Suami Watermark Ketik
RY hanya bisa tertunduk lesu saat ditangkap Polsek Sukolilo, Kamis (30/11/2023). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Polsek Sukolilo menangkap RY (39) warga Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kabupaten Trenggalek yang merupakan asisten rumah tangga (ART). Ia diringkus karena diduga mencuri uang milik majikannya di Perumahan ITS.

Pelaku ditangkap saat kabur dari rumah majikannya menuju kampung halamannya di Trenggalek.

"Pelaku kami tangkap setelah berkordinasi dengan Polres Tenggalek untuk menangkap pelaku yang lari menggunakan bus," ucap Kapolsek Sukolilo Kompol I Made Patera Negara, Kamis (30/11/2023).

Pelaku mengambil sebuah tas milik korban yang berisi beberapa pecahan uang tunai, seperti rupiah, yen Jepang, riyal Arab Saudi, ringgit Malaysia dan dollar Taiwan.

Dari keterangan korban, awalnya pelaku tidak mengakui perbuatannya. Namun, keesokan harinya, pelaku melarikan diri sehingga korban melaporkan kasus ini ke Polsek Sukolilo.

Setelah berkoordinasi dengan Polres Trenggalek dan melacak keberadaan RY. Saat itu juga bus yang ditumpangi RY dihentikan oleh petugas Satlantas Polres Trenggalek.

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku mengambil barang-barang tersebut bertahap sebanyak 2 kali, setelah itu pergi tanpa pamit majikannya ke Trenggalek," beber Patera.

Pelaku RY melakukan pencurian karena butuh uang untuk biaya pengobatan suaminya. 


Barang bukti yang ikut disita, uang tunai pecahan rupiah senilai Rp.2.410.000, beberapa mata uang asing, perhiasan emas berupa cincin dan anting, serta bukti transfer saat tersangka mengirimkan uang hasil curian.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 KUHP tentang pencurian. "Pelaku terancam hukuman penjara selama 5 tahun penjara," jelas Patera. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kriminalitas Surabaya Kriminal Surabaya Polrestabes Surabaya Surabaya Polsek Sukolilo