Alasan Cawagub Suswono Usul Janda Kaya Nikahi Pria Pengangguran di Jakarta

Jurnalis: Sholeh
Editor: Muhammad Faizin

26 Oktober 2024 20:40 26 Okt 2024 20:40

Thumbnail Alasan Cawagub Suswono Usul Janda Kaya Nikahi Pria Pengangguran di Jakarta Watermark Ketik
Suswono, kader PKS yang maju menjadi Cawagub di Pilkada Jakarta 2024 berpasangan dengan Ridwan Kamil dari Koalisi KIM Plus. (FB Suswono)

KETIK, BATU – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut 01 Suswono punya ide yang berpotensi memicu perdebatan. Kandidat sokongan koalisi KIM Plus ini mengusulkan pria pengangguran muda untuk dinikahi janda kaya.

Wacana itu, ia lontarkan saat ada warga yang bertanya soal program kartu janda saat membahas program kartu anak yatim. 

"Kemarin ada yang nyeletuk. Waktu dialog ini. 'Pak ada kartu janda enggak?'," kata Suswono dalam acara deklarasi dukungan Bang Japar di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan, Sabtu 26 Oktober 2024.

Suswono pun memastikan ada janda miskin di Jakarta. Namun, ia bertanya apakah perlu janda kaya memiliki kartu janda.

"Saya pastikan kalau janda miskin pasti ada. Tapi masa janda kaya minta kartu juga? Saya sarankan janda kaya tolong nikahi pemuda yang nganggur," lanjutnya.

Kemudian, Suswono mencontohkan kisah Siti Khadijah dan Nabi Muhammad SAW. Dia berkata Siti Khadijah berstatus janda kaya saat menikah dengan Rasulullah.

Saat itu, Khadijah berusia 40 tahun. Adapun Muhammad SAW berusia 25 tahun.

"Setuju ya? Coba ingat Khadijah nggak? Tau Khadijah kan? Dia kan konglomerat. Nikahi siapa? Ya Nabi waktu itu belum jadi Nabi. Masih 25 tahun pemuda kan? Nah itu contoh kaya begitu," ucap Suswono.

Dalam kesempatan itu, Suswono juga menyampaikan Pemprov DKI Jakarta akan merawat anak yatim. Menurutnya, anak yatim akan menjadi anak asuh dari gubernur.

"Jadi anak yatim, ingat ya perhatikan anak yatim nanti jadi anaknya gubernur. Ibu-ibu jangan, ini GR ya bu ya. Jangan nanti asumsinya berarti jandanya dinikahi gubernur. Enggak," urainya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Pilkada Jakarta Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono Janda Suswono Pilkada 2024 PKS KIM Plus