Wahyu Hidayat Libas Pertanyaan Rival dengan Sampaikan Data Prestasi Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Gumilang

26 Oktober 2024 22:24 26 Okt 2024 22:24

Thumbnail Wahyu Hidayat Libas Pertanyaan Rival dengan Sampaikan Data Prestasi Kota Malang Watermark Ketik
Wahyu Hidayat dan Ali Mutohirin dalam Debat Pilkada 2024 Kota Malang. (Foto: Tangkapan layar KPU Kota Malang)

KETIK, MALANG – Kinerja Wahyu Hidayat sebagai Pj Wali Kota Malang 2023-2024 sempat dipertanyakan oleh pesaingnya dalam Debat Publik pertama Pilkada 2024. Wahyu pun dengan santai menanggapinya melalui data-data prestasi yang sudah diraih semasa jabatannya.

Abah Anton yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Malang 2013-2018 merasa bahwa tidak ada perubahan positif selama Wahyu menjabat. Termasuk hasil-hasil pembangunan yang telah lebih dulu dilakukan Abah Anton ketika memimpin Kota Malang.

Keraguan tersebut ia libas dengan data terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang tertinggi dengan angka 84,8 semasa ia menjabat. Begitu pula pertumbuhan ekonomi, dalam 25 tahun terakhir ini mengalami peningkatan paling tinggi mencapai 6,67 persen.

"Kami berikan data bahwa pertumbuhan ekonomi kita selama 25 tahun terakhir ini adalah tertinggi, 6,67 persen. Angka harapan hidup mencapai 75,48 persen dan kemiskinan ekstrim turun drastis di tahun 2023 adalah 3,91 persen," ujar Wahyu, Sabtu 26 Oktober 2024.

Untuk itu program bagi kemajuan Kota Malang telah ia tuangkan dalam 10 Dasa Unggulan. Salah satunya membangun iklim berusaha yang baik di Kota Malang agar mampu mendatangkan investor.

"Pada saat menjabat sebagai Pj Wali Kota Malang sudah mendatangkan investor, banyak penghargaan terkait dengan bagaimana iklim berusaha yang baik," ucapnya.

Wahyu beranggapan bahwa membangun Kota Malang tidak bisa sekadar memberikan kebijakan yang bersifat top down. Masyarakat juga harus terlibat dalam menentukan arah kebijakan.

Wahyu telah datang langsung ke masyarakat untuk memikirkan bagaimana jalan yang harus ditempuh bagi kemajuan Kota Malang. Dengan demikian tercipta suasana yang inklusif dan teguh ke depan.

"Kami juga melakukan satu proses yang mulai dari bawah. Tidak top down planning tetapi bottom up planning. Untuk bisa lebih mengetahui bagaimana keinginan dan kebutuhan masyarakat kota Malang," tutupnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wahyu Hidayat Ali Mutohirin Debat Pilkada Debat Calon Wali Kota Malang Calon Wali Kota Malang Pilkada 2024 Pilkada Kota Malang Kota Malang