Janji Pemerataan Kualitas Pendidikan di Kota Malang, Sam HC Singgung Zonasi Sekolah di Finlandia

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Muhammad Faizin

26 Oktober 2024 21:09 26 Okt 2024 21:09

Thumbnail Janji Pemerataan Kualitas Pendidikan di Kota Malang, Sam HC Singgung Zonasi Sekolah di Finlandia Watermark Ketik
Sam HC dan Ganis Rumpoko dalam debat pertama Pilkada 2024 Kota Malang. (Foto: Tangkapan layar live streaming KPU Kota Malang)

KETIK, MALANG – Debat pertama Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang telah berlangsung, Sabtu 26 Oktober 2024. Dalam debat tersebut Calon Wali Kota Malang Heri Cahyono (Sam HC) mendapatkan giliran untuk menjawab persoalan pendidikan.

Sesuai dengan visi misi dan program kerjanya, Sam HC dan Ganis Rumpoko berkeinginan untuk membangun Kota Malang sebagai City of Talent. Hal tersebut direalisasikan dengan cara memperkuat sekolah bukan hanya sebagai lembaga pendidikan namun juga mesin cetak generasi.

"Saya belajar ke Finlandia, Swedia, Jepang dan Australia, melihat bagaimana mereka mencetak generasi sehingga generasinya berkualitas tinggi. Saya juga belajar tentang zonasi, memang sekolah terbaik itu adalah sekolah terdekat. Itu di negara-negara barat sampai Jepang sudah oke karena ekosistem infrastruktur sudah disiapkan dengan baik," ujar San HC.

Persoalannya, sistem zonasi di Indonesia diterapkan tanpa mempertimbangkan infrastruktur yang ada. Alhasil berimbas pada okupansi beberapa sekolah yang tidak imbang.

"Berarti nanti ini adalah masalah manajemen. Kami akan memberikan manajemen pendidikan satu atap yang mengatur mulai dari pendaftaran PPDB. Jadi para orang tua tidak perlu repot lagi mendaftar, kami akan mengatur itu," ucapnya.

Tak hanya itu, sekolah swasta juga harus diikutsertakan dalam sistem zonasi melalui subsidi tepat sasaran. Subsidi tersebut mencakup siswa, operasional, maupun para guru agar memiliki kualitas yang setara dengan sekolah negeri.

Sam HC juga akan mendesain agar generasi muda tumbuh dengan karakter, kecerdasan, dan perencanaan profesi sejak dini.

"Kami juga akan membangun sekolah inklusi. Kami akan menjadikan pendidikan Kota Malang menjadi mesin cetak generasi. Tes bakat, minat, sampai perencanaan profesi gratis mulai usia 10 tahun," tegasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Debat Pilkada Kota Malang Pilkada Kota Malang Kota Malang Debat Calon Wali Kota Malang Calon Wali Kota Malang Pendidikan Kota Malang Sam HC Ganis Rumpoko Heri Cahyono