5 Objek Wisata Alam di Kota Pagaralam dengan Panorama Menakjubkan

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

13 Agustus 2023 10:21 13 Agt 2023 10:21

Thumbnail 5 Objek Wisata Alam di Kota Pagaralam dengan Panorama Menakjubkan Watermark Ketik
Kebun Teh Gunung Dempo (Foto: Instagram @azmee_andreawan)

KETIK, JAKARTA – Pagaralam merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Selatan. Kota ini kaya akan objek wisata alam karena lokasinya yang berada di bawah Gunung Dempo.

Destinasi wisata yang paling banyak ditemui di kota ini adalah Air Terjun. Ada juga pemandangan kebun teh yang asri mengingat kota ini sebagai penghasil teh hitam terbaik di dunia.

Berikut sederet objek wisata alam yang berada di Kota Pagaralam:

Danau Tebat Gheban

Danau Tebat Gheban berlokasi di Kecamatan Pagaralam Selatan, Kota Pagaralam. Jaraknya dari pusat kota hanya sekitar 7 kilometer, sehingga cukup mudah dijangkau.

Tebat Gheban menyuguhkan pemandangan danau yang masih asri dan alami. Daya tarik objek wisata ini adalah panorama sinar matahari yang berpendar di atas air menjelang sore.

Tak heran, objek wisata ini kerap menjadi jujukan untuk berburu senja. Ada banyak pengunjung yang datang untuk sekadar lari sore atau duduk santai di mulut danau.

Green Paradise

Taman Wisata Alam Green Paradise menyuguhkan pemandangan hijau karena banyak aneka macam tumbuhan dan bunga. Ada juga beberapa kolam ikan yang dialiri sumber mata air alami.

Panorama tersebut selaras dengan namanya, Green Paradise alias Surga Hijau. Objek wisata ini cocok sebagai tujuan liburan bersama keluarga.

Lokasinya juga mudah dijangkau tepatnya di Bumi Agung, Dempo Utara, Kota Pagar Alam. Tiket masuknya hanya Rp 15 ribu untuk orang dewasa dan Rp 10 ribu untuk anak-anak.

Kebun Teh Gunung Dempo

Kota Pagaralam dikenal sebagai penghasil teh terbaik. Karena itu, pemandangan kebun teh juga bisa ditemui di kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lahat ini.

Kebun teh yang cukup terkenal karena menyuguhkan panorama yang menakjubkan adalah Kebun Teh Gunung Dempo. Sesuai namanya, objek wisata ini berada di lereng Gunung Dempo.

Objek wisata ini masih cukup dekat dengan pusat kota Pagaralam. Hanya butuh waktu sekitar 15 sampai 30 menit untuk bisa sampai ke Kebun Teh Gunung Dempo.

Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah berada di Desa Prahu Dipo, Dempo Selatan, Kota Pagaralam. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya sehingga mudah diakses.

Keasrian Air Terjun Lematang Indah masih sangat terjaga. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, air terjun ini menghadirkan suara gemuruh yang memberikan sensasi berbeda.

Bagi yang hobi swafoto, objek wisata ini cocok dijadikan spot selfie. Para pengunjung bisa mengambil gambar dari berbagai sudut dengan latar air terjun.

Air Terjun Curup Embun

Objek wisata yang tak kalah menarik adalah Air Terjun Curup Embun. Lokasinya sangat dekat dari pusat kota Pagaralam, tepatnya Desa Pematang Bango atau di bawah Gunung Dempo.

Air Terjun Curup Embun punya ketinggian 100 meter. Namun, pancuran airnya memang tidak sederas Air Terjun Lematang Indah.

Destinasi ini diberi nama Curug Embun karena air terjunnya yang membentuk embun ketika sampai ke kolam yang berada di bawahnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Pagaralam Wisata air terjun