Sukses Cetak Enterpreneur Muda, Program Double Track SMAN 1 Besuki Catat Prestasi Gemilang

Kontributor: Rudi Hartono
Editor: Mustopa

26 September 2024 13:47 26 Sep 2024 13:47

Thumbnail Sukses Cetak Enterpreneur Muda, Program Double Track SMAN 1 Besuki Catat Prestasi Gemilang Watermark Ketik
Tata rias SMAN 1 Besuki saat merias para siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo (Foto: SMAN 1 Besuki for Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – SMAN 1 Besuki kembali mencatat prestasi gemilang melalui Program Double Track yang berhasil mencetak siswa-siswi menjadi beautypreneur muda berbakat.  

Program ini memberikan peluang bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan di luar akademik, khususnya dalam bidang kecantikan dan kewirausahaan. 

Program Double Track di SMAN 1 Besuki bertujuan untuk mempersiapkan para siswa menghadapi dunia kerja sekaligus mengembangkan potensi kewirausahaan.

Kepala sekolah, Syaiful Bahri, menegaskan bahwa program ini dirancang untuk memberikan keterampilan praktis yang bisa langsung diaplikasikan oleh para siswa setelah lulus sekolah. 

"Kami ingin siswa-siswi kami tidak hanya menguasai ilmu akademik, tapi juga memiliki keterampilan yang dapat menunjang kemandirian finansial mereka," ujarnya, Kamis, 26 September 2024.

Proses rekruitmen siswa dilakukan dengan seleksi ketat yang mengutamakan minat dan bakat di bidang tata rias. Dari 170 siswa, 60 siswa terpilih mengikuti pelatihan intensif yang meliputi teori dan praktek tata rias berbagai gaya, mulai dari perawatan kulit hingga teknik make up khusus acara tertentu.

"Kami memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka sejak dini," ujar Fifin Handayani, trainer tata rias SMAN 1 Besuki. 

Selain pembelajaran di kelas, siswa juga dilibatkan dalam berbagai event kecantikan. Seperti lomba make up dan merias peserta karnaval untuk mengasah keterampilan dan menambah pengalaman.

Dari event-event tersebut, para siswa banjir job karnaval hingga berhasil meraup keuntungan Rp4 juta di bulan Agustus lalu. 

Rania Suri, salah seorang MUA mengatakan bahwa lulusan Program Double Track memiliki bekal yang sangat baik untuk bersaing di dunia kerja.

"Mereka tidak hanya menguasai teknik tata rias, tetapi juga memiliki soft skills yang dibutuhkan, seperti komunikasi dan kreativitas," ujarnya.

Program tentunya memberikan dampak positif bagi siswa. Selain mendapatkan keterampilan yang marketable, siswa dapat mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang kecantikan. Dari sini bisa menjadi bekal bagi mereka yang ingin berkarir sebagai beautypreneur muda yang kompeten.(*)

Tombol Google News

Tags:

SMAN 1 Besuki tata rias DT Program SMA Double Track beautypreneur MUA Situbondo