Warga Pasuruan Tumplek Blek Menonton Karnaval Ragam Budaya Indonesia

Jurnalis: Ahmad Zainurrifan
Editor: Marno

29 Mei 2023 00:23 29 Mei 2023 00:23

Thumbnail Warga Pasuruan Tumplek Blek Menonton Karnaval Ragam Budaya Indonesia Watermark Ketik
Peserta karnaval yang mengenakan pakaian adat Bali. (Foto: Zainurrifan/ Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA –  Ribuan orang tumplek blek di sekitar Alun-alun Kota Pasuruan. Mereka menyaksikan ratusan pelajar SD, MI, SMP dan Tsanawiyah se Kota Pasuruan mengikuti Karnaval Ragam Budaya Indonesia, Sabtu (27/5/2023).

Sejak siang usai dhuhur penonton berdatangan ke alun-alun. Sebagian menunggu di sepanjang rute karnaval yaitu Jl Wahid Hasyim, Jl Hayam Wuruk, Jl Diponegoro dan di Harmoni Jl Pahlawan.

Ratusan peserta yang terdiri dari pelajar tingkat SD dan SMP nampak mengenakan ragam pakaian adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pakaian adat suku Jawa, Bali, Minang, hingga Papua yang ditampilkan secara kreatif oleh masing-masing sekolah.

Tampilannya yang dengan tema budaya seperti ogoh-ogoh hingga tema petik laut. Iringan musik drumband hingga alat musik tradisional ketipung dan kolintang juga menambah kemeriahan karnaval tersebut.

Pawai karnaval pelajar ini pun menjadi hiburan bagi warga Kota Pasuruan. Ribuan warga rela berjejalan sambil berpanas-panasan di pinggir jalan.

Nurul salah satu orang tua siswa menyatakan senang dengan acara ini. Temanya juga pendidikan budaya, bagus untuk edukasi anak-anak,” ujar Nurul, salah satu orangtua yang menyaksikan anaknya mengikuti karnaval.

Teriakan histeris dari ibu melihat anaknya tampil ikut karnaval, termasuk juga teman-teman sekolahnya."Senang poll. Semoga tahun depan bisa diselenggarakan lagi," ujar farel salah satu murid.(*)

Tombol Google News

Tags:

Karnaval beragam budaya Indonesia Kota Pasuruan