Survei Avemedia Pilbup Pasuruan: Kalau Pilkada Besok, Gus Mujib Menang

Jurnalis: Ahmad Zainurrifan
Editor: M. Rifat

20 Agustus 2024 01:02 20 Agt 2024 01:02

Thumbnail Survei Avemedia Pilbup Pasuruan: Kalau Pilkada Besok, Gus Mujib Menang Watermark Ketik
KH. Abdul Mujib Imron alias Gus Mujib (Foto: Prokopim Pemkab Pasuruan)

KETIK, PASURUAN – Lembaga Survei Avemedia Research merilis hasil survei terhadap elektabilitas para Calon Bupati Pasuruan di Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Pasuruan 2024, Senin (19/8/2024). Acara bertempat di kantor DPC PKB Graha Addakhil Jl Raya Kraton, Pasuruan.

Dalam hasil survey itu, KH Abdul Mujib Imron alias Gus Mujib disebut masih lebih unggul dari calon-calon lain.

Menurut Ryan, perwakilan Avemedia, survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan tatap muka di 24 kecamatan dengan jumlah responden 623. Juga dengan margin eror 4%.

"Kalau Pilkada dilakukan besok. Maka Gus Mujib akan menang. Dengan perolehan suara 53,9 persen," katanya, Senin (19/8/2024).

Dalam survey itu perolehan suara Gus Mujib disusul Rusdi Sutejo dengan 11,1%. Disusul Mufti Anam 6,6%, Andre Wahyudi 1 %, dan untuk Ramdhanu 0,8 %.

Ditanya soal alasan kenapa Gus Mujib unggul, responden menjawab sudah berpengalaman sebagai kepala daerah ada 33,%, dan Gus Mujib dianggap representasi dari NU dan Pondok Pesantren ada 16,5 %.

Apabila disimulasikan, wakil Bupatinya adalah Rusdi Sutejo 27,6%, Mufti Anam 32,8%, M Sudiono Fauzan 7,6%, Ramdanu 7% dan Shobih 1,6%.

Sedangkan pemilih Gus Mujib itu berasal dari kalangan PKB 84,4%, Gerindra 39,6%, PDIP 49,3%, Golkar 40,9 %. Sedangkan saat verifikasi 90% responden adalah terdaftar di DPT Pilkada.

Menyikapi hasil survei, Plh DPC PKB Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan menyatakan partainya semakin percaya diri untuk memenangkan kontestasi Pilkada. 

Sementara itu Gus Mujib berterima kasih terhadap hasil survei yang dilakukan oleh Avemedia. “Saya berterima kasih hasil survei yang dilakukan oleh PKB, dan terbukti masyarakat masih mempercayai kami,” ucapnya.

Gus Mujib juga menyampaikan terima kasih kepada DPC PKB Kabupaten Pasuruan yang mendukungnya pada Pilkada 2024. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pilkada Pasuruan Pilbup Pasuruan Gus Mujib pkb