Unusa Kukuhkan 2.154 Mahasiswa Baru, 12 Mahasiswa Asing

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Naufal Ardiansyah

12 September 2023 13:12 12 Sep 2023 13:12

Thumbnail Unusa Kukuhkan 2.154 Mahasiswa Baru, 12 Mahasiswa Asing Watermark Ketik
Prof Dr. Ir. Mohammad Nuh DEA Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010-2014 memberikan kuliah umum didepan mahasiswa baru Unusa, Selasa (12/9/2023). (Foto : M. Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 2.154 mahasiswa baru Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) tahun akademik 2023-2024 dikukuhkan. Terdapat 12 mahasiswa asing di antaranya 8 mahasiswa Timor Leste dan 4 mahasiswa Filipina.

Dalam acara pengukuhan ini diisi kuliah umum dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010-2014, Prof Dr. Ir. Mohammad Nuh DEA.

“Tahun ini dari dua ribu lebih mahasiswa yang dikukuhkan ada 12 mahasiswa asing yang belajar di beberapa program studi. Sementara mahasiswa asal Indonesia bukan hanya dari Jawa Timur melainkan juga berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” kata Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan dan Akademik, Prof Kacung Marijan, Ph.D., Selasa (12/9/2023).

Sementara dalam sambutan pengukuhannya, Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie M.Eng, mengajak mahasiswa baru Unusa untuk belajar dan ikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan pimpinan perguruan tinggi, dekan atau program studi.

"Unusa tidak hanya menuntut nilai akademik yang bagus tetapi juga di berbagai kegiatan non-akademik untuk memperkuat kamampuan soft-skil, dan juga menambah kemampuan ketrampilan lainnya. Karena itu, di Unusa kami sudah lama memberlakukan satuan kredit prestasi (SKP),” katanya.

Rektor juga menyampaikan bahwa terhitung mulai tahun tahun akademik sekarang ini, mahasiswa Unusa yang akan lulus dan menyelesaikan studinya akan memperoleh satu sertifikat kompetensi sesuai dengan program studinya secara gratis.

Unusa telah menyiapkan sedikitnya 33 skema komptensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Indonesia (BNSP).

Rektor perlu menyampaikan di depan mahasiswa baru, untuk memotivasi mahasiswa baru bahwa Unusa bukanlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang biasa-biasa saja, tapi PTS yang luar biasa.

“Dalam bidang akademik pada tahun ke-10 ini Unusa telah mencatatakan diri di peringkat pertama  dalam capaian publikasi Scopus diantara perguruan tinggi di lingkungan Nahdlatul Ulama dan seorang dosen di Unusa tercatata sebagai 2 persen dari sacientis dunia. Menurut Webometrik juli 2023, Unusa telah menempati urutan ke-9 dari PTS terbaik di Indonesia dan peringkat ke-38 dari seluruh PTS PTN di Indonesia,” pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Unusa NU NAHDLATUL ULAMA Unu SBY M.Nuh