Tuntas, Dua Parpol Mendaftar ke KPU Lumajang Tengah Malam

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: M. Rifat

15 Mei 2023 04:01 15 Mei 2023 04:01

Thumbnail Tuntas, Dua Parpol Mendaftar ke KPU Lumajang Tengah Malam Watermark Ketik
Konvoi Partai Demokrat Lumajang ketika mendaftar ke KPU Lumajang (Foto: Abdul Fatah/Ketik.co.id)

KETIK, LUMAJANG – Partai Gelora dan Partai Garuda menjadi partai terakhir yang mendaftarkan Bacalegnya ke KPU Lumajang. Partai Garuda baru mendaftar ke KPU sekitar pukul 23.40. Batas akhir pendaftaran dihitung dari saat partai menyerahkan berkasnya.

“Akhirnya 18 Parpol yang ada di Lumajang telah mendaftarkan calonnya. Tadi malam itu Partai Garuda dan Partai Gelora menjadi dua parpol terakhir yang mendaftarkan calegnya,” kata Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita.

Menurut Yuyun, dalam pendaftaran bacaleg ini sering terganggung dengan Sistem Informasi Pencalonan atau Silon. Namun karena ada surat di KPU Pusat, Silon tersebut bisa dilakukan secara manual, walaupun membutuhkan waktu lebih lama.

“Alhamdulillah, karena ada gangguan pada Silon, sebagian kita kerjakan secara manual dan semua tuntas dinyatakan menenuhi syarat untuk diterima oleh KPU Lumajang,” kata Yuyun Baharita kemudian.

Yuyun Baharita juga menjelaskan, rangkaian pendaftaran ini berjalan lancar dan sukses, karena semua partai yang terdaftar di KPU Lumajang, akhirnya bisa mendaftarkan bacalegnya.

“Lancar, walaupun banyak parpol yang mendaftarnya pada hari-hari terakhir penutupan pendaftaran,” urai Yuyun.

Sejumlah parpol memang memiliki berbagai macam cara untuk mendaftarkan bacalegnya. PKB, saat pendaftaran bacaleg seluruh bacaleg sampai dengan pengurusnya menggunakan mobil angkutan kota dari kantor PKB sampai ke Kantor  KPU Lumajang.

Sementara Partai Gerindra membawa banyak kadernya, dengan diiringi sholawat sampai ke pintu masuk Kantor KPU Lumajang.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Partai Demokrat yang mendaftarkan bacalegnya dengan irin-iringan sejumlah mobil dan dikawal dengan laskar sholawat pada bagian depan iring-iringan mobil tersebut.

“Sebenarnya banyak kader yang ingin ikut untuk proses pendaftaran, namun kita batasi hampir 100 orang. Ya, mereka kan kader yang mencintai partainya, maka mereka juga ingin ikut konvoi kemarin,” kata H. Idris Marzuqi, Ketua DPC Partai Demokrat.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendaftaran Bacaleg Pileg2024 pemilu2024 KPU Lumajang Berira lumajang hari ini Berita pemilu hari ini