Tumbuhkan Jiwa Enterpreneurship, SMP Citra Berkat Surabaya Gelar JEED

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

25 September 2023 13:01 25 Sep 2023 13:01

Thumbnail Tumbuhkan Jiwa Enterpreneurship, SMP Citra Berkat Surabaya Gelar JEED Watermark Ketik
SMP Citra Berkat Surabaya saat menggelar JEED 2023. (Foto: dok. SMP Citra Berkat)

KETIK, SURABAYA – Enterpreneurship merupakan sebuah keyakinan kuat yang dimiliki seseorang untuk mengubah dunia melalui sebuah gagasan-gagasan dan inovasinya.

Keyakinan tersebut kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk keberanian dalam pengambilan rIsiko untuk dapat mewujudkan gagasan dan inovasi tersebut melalui bidang usaha yang didirikannya.

Selain itu, seorang entrepreneur perlu mengembangkan karakter yang mampu menghadapi tantangan di masa kini dan masa depan dengan aplikasi langsung sejak dini.

Agar anak dari kecil sudah terdidik memiliki jiwa enterprenuer, SMP Citra Berkat menggelarJunior Enterpreneurship Exploring Day (JEED) 2023 bertujuan untuk mempersiapkan dan menentukan masa depannya, para entrepreneur muda.

JEED 2023 ini mengambil tema Growing the Entrepreneurship Skill to Share with Others.

Kepala Sekolah SMP Citra Berkat Surabaya Adi Haryo Rosyamto menjelaskan mereka mulai menapakkan langkah ke depan sebagai seorang Junior Entrepreneur melalui Program of Entrepreneur.

Untuk bisa mempersiapkan dan menentukan masa depannya, para entrepreneur muda ini membutuhkan persiapan yang matang.

Adi menjabarkan bahwa kegiatan di tahun 2023 adalah sebuah program pelatihan yang dirancang khusus untuk menumbuhkan dan mengembangkan skill dan karakter entrepreneur siswa kelas 7 melalui praktik langsung di lapangan. 

"Siswa akan belajar keterampilan observasi, mind mapping, assertive communication, collaboration, critical thinking, problem solving, confidence, dan kreatifitas," ujarnya pada Senin, (25/9/2023).

Siswa akan belajar menyadari dan melihat keadaan sekitar dengan point of view seorang entrepreneur. Kemudian mereka akan mencoba untuk menemukan, memetakan masalah, dan membuat solusi kreatif berdasarkan nilai-nilai entrepreneur yang telah dipelajari.

"Kegiatan ini juga digunakan untuk melatih siswa untuk berani berkomunikasi secara percaya diri,  luas, terbuka, dan hormat sebagai seorang entrepreneur," tutur Adi. 

Foto Program JEED 2023 SMP Citra Berkat di Ciputra World Surabaya. (Foto: Dok. SMP Citra Berkat)Program JEED 2023 SMP Citra Berkat di Ciputra World Surabaya. (Foto: Dok. SMP Citra Berkat)

Siswa belajar untuk bisa berkolaborasi dan bekerja dalam tim dan terutama berlatih untuk menggunakan critical thinking skill mereka.

SMP Citra Berkat juga mengajak siswa Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 dari sekolah-sekolah di luar SD Citra Berkat untuk belajar bersama dalam kegiatan ini.

Exploring day ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 September 2023 di Ciputra World Mall Surabaya. SMP Citra Berkat bekerja sama dengan lebih dari 28 tenants di Ciputra World Surabaya sebagai partner untuk kegiatan exploring day kali ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Enterpreneurship enterpreneur SMP Citra Berkat JEED 2023