Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UIN KHAS Teken MoU dengan Unesa

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno

4 Mei 2023 06:46 4 Mei 2023 06:46

Thumbnail Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UIN KHAS Teken MoU dengan Unesa Watermark Ketik
Penandatangan MoU oleh Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto (kanan) dengan Wakil Rektor IV Unesa Prof. Siti Nur Azizah, Rabu (3/5/2023) (Foto: Humas UIN KHAS Jember)

KETIK, JEMBER – Untuk memperkuat kemitraan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember bersama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) telah resmi menandatangani nota kesepahaman atau MoU.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto dan Rektor Unesa yang diwakilkan oleh Wakil Rektor IV bidang Perencana, Pengembangan, Kerjasama, Teknologi Informasi dan Komunikasi Prof. Siti Nur Azizah di Gedung Rektorat Unesa Kampus Lidah Wetan, pada Selasa (3/5/2023).

Isi nota kesepahaman ini yaitu kedua perguruan tinggi akan bekerja sama dalam berbagai bidang yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam bidang pendidikan meliputi kerjasama dalam pengembangan kurikulum, pertukaran mahasiswa dan dosen, pendampingan sertifikasi dan akreditasi, serta pengembangan program studi.

Sedangkan dalam bidang penelitian, kerja sama akan meliputi pelaksanaan penelitian bersama, pengembangan pusat penelitian, dan pertukaran informasi mengenai riset yang sedang dikerjakan.

Untuk bidang pengabdian kepada masyarakat, kerja sama akan dilakukan dengan fokus pemberdayaan masyarakat.

Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto mengatakan jika bentuk kerja sama ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan kualitas perguruan tinggi. Ia menilai UIN KHAS yang baru saja beralih status perlu berguru untuk mengejar banyak ketertinggalan untuk mampu bersaing dengan universitas unggul lainnya.

"Tanpa kerja sama mustahil UIN KHAS Jember sejajar dengan perguruan tinggi lainnya, maka dari itu kerjasama ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita" ujar Babun.

Harapan nantinya dalam kerja sama ini bisa memaksimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) antara kedua perguruan tinggi. "Kami berharap semua fakultas bisa menindaklanjuti MoU siang hari ini dengan melaksanakan MBKM," harap Pimpinan UIN KHAS tersebut.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Prof. Siti Nur Azizah menilai Unesa memiliki potensi yang besar untuk bekerja sama dengan UIN KHAS Jember. "Kami yakin kerjasama ini akan membawa manfaat yang besar bagi kedua perguruan tinggi dan masyarakat," ujarnya.

Penandatanganan MoU ini dilanjutkan dengan diskusi antar perguruan tinggi untuk optimalisasi dan menentukan bentuk kerjasama yang dapat diimplementasikan kedepannya.(*)

Tombol Google News

Tags:

UIN KHAS Jember Unesa MoU tingkatkan pendidikan