Polije Gelar Workshop dan Sertifikasi TOEIC untuk Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin

18 September 2024 19:30 18 Sep 2024 19:30

Thumbnail Polije Gelar Workshop dan Sertifikasi TOEIC untuk Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Inggris Watermark Ketik
Politeknik Negeri Jember (Polije) menggelar workshop dan sertifikasi TOEIC untuk guru Bahasa Inggris SMK di Kabupaten Jember (Rabu, 18 September 2024) (Foto: Humas Polije)

KETIK, JEMBER – Politeknik Negeri Jember (Polije) menggelar kegiatan TOEIC Workshop and Certification for Vocational School English Teacher melalui Unit Pengembangan Akademik (UPA) Bahasa pada Rabu, 18 September 2024.

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Vokasi Polije bertujuan memberikan pelatihan sekaligus sertifikasi TOEIC (Test of English for International Communication) bagi para guru Bahasa Inggris SMK di Kabupaten Jember.

Workshop dan sertifikasi yang diikuti puluhan guru SMK dibuka langsung Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Polije, Agung Wahyono.

Dalam sambutannya, Agung menyampaikan bahwa workshop ini merupakan pertama kali diadakan oleh Polije untuk mendukung peningkatan kompetensi guru SMK. 

Khususnya dalam bahasa Inggris melalui sertifikasi TOEIC. Yang dinilai sebagai langkah penting peningkatan daya saing tenaga pendidik dalam menghadapi tantangan global.

 

Foto Sambutan Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Polije, Agung Wahyono dalam pembukaan workshop dan sertifikasi TOEIC (18 September 2024) (Foto: Humas Polije)Sambutan Wakil Direktur Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Polije, Agung Wahyono dalam pembukaan workshop dan sertifikasi TOEIC (18 September 2024) (Foto: Humas Polije)

 

“Kami sangat bangga bahwa Polije saat ini telah menjadi mitra International Test Center yang memenuhi standar internasional. Sebagai provider resmi, Polije kini bisa melayani pelaksanaan tes dan sertifikasi TOEIC yang diakui secara internasional, tidak hanya untuk kalangan guru SMK, tetapi juga bagi masyarakat umum yang membutuhkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Polije menjadi satu-satunya pusat ujian TOEIC di Jember. Serta lokasi testing center ketiga yang ada di Jawa Timur, setelah sebelumnya didirikan di Malang dan Surabaya.

Dengan keberadaan Polije sebagai pusat uji, diharapkan semakin banyak peserta dari berbagai kalangan. Termasuk dosen dan mahasiswa, yang dapat mengakses sertifikasi TOEIC tanpa harus pergi ke luar daerah.

Tidak hanya itu, program sertifikasi ini sangat penting bagi mereka yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri. Sebab, TOEIC seringkali menjadi salah satu syarat administrasi.

“Harapan kami, kerja sama antara International Test Center dengan UPA Bahasa Polije ini dapat memberikan layanan yang lebih luas kepada berbagai pihak. Tidak hanya bagi dosen Polije yang membutuhkan sertifikasi TOEIC untuk keperluan akademik atau profesional, tetapi juga bagi mahasiswa Polije yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri atau terlibat dalam program internasional seperti IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards),” imbuh pria berkacamata itu.

Selama kegiatan berlangsung, peserta mendapatkan materi intensif mengenai persiapan menghadapi TOEIC yang diberikan oleh tim pengajar dari UPA Bahasa Polije.

Workshop ini mencakup berbagai tips dan strategi untuk mengerjakan tes TOEIC dengan efektif, seperti cara memahami soal mendengarkan (listening comprehension), membaca (reading comprehension), serta pengenalan terhadap jenis-jenis soal yang sering muncul dalam tes TOEIC. Tidak hanya itu, peserta juga diajak untuk mempraktikkan langsung strategi-strategi tersebut melalui simulasi tes.

Terakhir, Polije memberikan kesempatan khusus bagi para peserta untuk mengikuti tes TOEIC secara gratis yang difasilitasi oleh UPA Bahasa Polije. Fasilitas ini disambut baik oleh para peserta yang merasa sangat terbantu dalam mendapatkan sertifikasi TOEIC tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Bentuk komitmen Polije untuk menjadi pusat pengembangan akademik yang berstandar internasional, khususnya di bidang bahasa, demi mempersiapkan sumber daya manusia yang kompetitif di tingkat global.(*)

Tombol Google News

Tags:

Politeknik Negeri Jember Polije TOEIC Unit Pengembangan Akademik Bahasa International Test Center Jember