Tekan Laju Perubahan Iklim, Khofifah Dorong Penanaman Pohon

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

28 September 2023 12:32 28 Sep 2023 12:32

Thumbnail Tekan Laju Perubahan Iklim, Khofifah Dorong Penanaman Pohon Watermark Ketik
Khofifah saat melakukan aksi menanam pohon. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, MALANG – Perubahan iklim menjadi salah satu tantangan terbesar saat ini. Dampaknya, tidak hanya dirasakan masyarakat Indonesia, tapi juga seluruh negara di dunia, termasuk juga hewan dan tumbuhan. 

Salah satu dari dampak perubahan iklim yang saat ini tengah dirasakan adalah El Nino yang menyebabkan bencana kekeringan di Indonesia, Khususnya Jawa Timur.

Nah, untuk mengantisipasinya, Pemprov Jatim tidak hanya melakukan langkah mitigasi dan preventif. Tetapi juga melalui langkah aksi penanaman pohon di seluruh penjuru Jawa Timur guna melawan laju perubahan iklim.

Pohon mempunyai peran yang sangat penting dalam mereduksi gas rumah kaca sebagai penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. 

"Diharapkan penanaman 1500 pohon ini dapat mengurangi jejak karbon untuk melawan perubahan iklim," ungkap Gubernur Khofifah, Rabu (27/9/2023).

Selain menanam pohon, Khofifah juga menebar 50 ribu benih ikan di bendungan yang dibangun di kaki Gunung Kelud tersebut. Di antaranya bibit tawes, baderbang, wader, nila, gurame, dan udang galah.

Dengan ini diharapkan dapat menyeimbangkan ekosistem di air tawar dan juga nantinya dapat digunakan untuk konsumsi masyarakat sekitar.

Menurut Khofifah menanam pohon mungkin terlihat sebagai sebuah cara yang ringan dan terlihat sepele, namun dampak dan kontribusi yang dihasilkan sangatlah besar. Pohon dapat menyediakan oksigen dan air untuk mendukung kehidupan manusia, yang nantinya dapat mengurangi efek pemanasan global.

"Perubahan iklim ini sudah didepan mata dan menjadi masalah besar yang tengah kita hadapi, tidak hanya manusia tetapi juga hewan dan tumbuhan," tambahnya.

Usai penanaman, Gubernur Khofifah mengimbau supaya pohon-pohon ini dirawat dengan baik agar bisa memberikan manfaat dengan maksimal. Ia berharap aksi ini bisa diikuti oleh sektor swasta dan masyarakat sehingga semakin membawa dampak yang lebih besar dalam aksi melawan perubahan iklim.

"Memang menanamnya ini hal gampang dan sederhana. Tapi siapa yang merawat dan memelihara bibit pohon juga harus benar-benar diperhatikan," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

El Nino Perubahan iklim pemanasan global gas rumah kaca Menanam pohon Gubernur Khofifah Jawa timur